Penerapan Lesson Study pada Pembelajaran Fisika Materi Perubahan Wujud Zat
DOI:
https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.123Keywords:
Lesson Study, Prestasi Belajar Fisika Siswa, Materi Perubahan Wujud ZatAbstract
Proses kegiatan pembelajaran merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan prestasi belajar yang akan dicapai siswa. Oleh karena itu guru harus mampu memlah dan memilih serta menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, karakteristik siswa dalam proses pembelajaran serta tujuan pembelajaran. Penerapan suatu pendekatan pembelajaran yang sesuai diasumsikan dapat mempengaruhi prestasi belajar fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan lesson study terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MA Al Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung pada Materi perubahan wujud zat Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Al Ikhlas Pemetung Basuki yang terdiri dari tiga kelas. Diambil dua kelas sebagai sampel dengan teknik cluster sampling yaitu kelas X.1 sebagai kelas kontrol dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan lesson study dan pada kelas kontrol menggunakan konvensional. Teknik pengumpulan data mengunakan tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji dua pihak dengan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh skor rata-rata pada kelas eksperimen adalah 81,95 kelas kontrol adalah 71,17. Dari pengujian hipotesis diperoleh harga t hitung = 4,607 dengan harga t tabel = 1,998, menunjukkan bahwa harga t hitung tidak berada pada daerah penerimaan H0 penerimaan H0 (antara - t tabel = - 1,998 sampai dengan t tabel = 1,998) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penerapan lesson study yang signifikan terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MA Al Ikhlas Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung pada materi perubahan wujud zat Tahun Pelajaran 2017/2018.
Downloads
References
Arikunto, S.. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrohman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Raharjo, M. Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Efrizon, Umar. (2007). Fisika dan Kecakapan Hidup untuk SMA. Jakarta: Ganesa Exact.
Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ihsan, Fuad. (2010). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains, Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Rosdiyani, Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2011. Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Ra1ja Grafindo Persada.
Sadia, I. W. (2008). Lesson Study.(Suatu Strategi Peningkatan Profesioalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. Edisi Khusus TH. XXXXI. Mei.
Seifert, Kelvin. (2012). Pedoman Pembelajaran & Instruksi Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod
Siregar, S. (2010). Statistika deskriptif untuk penelitian dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Ismail. (2013). Model-Model Pembelajaran Moderen. Palembang: Tunas Gemilang Press.
Supriyadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.
Sutikno, S. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2010). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.