Mutsaqoful Fikri: Pembinaan Karakter Santri Melalui Pengajian Kitab Nasoihul Ibad

Authors

  • Ahmad Ulin Niam Universitas Nurul Huda
  • Nor Kholidin Universitas Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dewi Universitas Nurul Huda
  • Revanda Rizkyawan Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/02wwv751

Keywords:

Nasoihul ibad, participatory action research, karakter santri.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan membina karakter santri melalui pengajian kitab Nasoihul Ibad. Kegiatan ini melibatkan 15 santri berusia 12-16 tahun pada Pesantren Tahfidz Nahdlatul Arifin. Metode pengabdian yang digunakan adalah PAR (participatory action researcth) melalui ceramah dan praktek pembacaan kitab. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan kemampuan membaca, pemahaman terhadap i’rab, terjemah dan isi kandungan kitab. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi dan partisipasi santri selama mengikuti kegiatan pengajian ini. Santri sangat antusias dan banyak bertanya terkait makna suatu kalimat dalam kitab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Asyari, A. H. (2022). Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren di Era Modern. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 127. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1572

Azhari, M. (2022). Pendekatan Integratif (Integrative Approach) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Jarak Jauh di Masa Pandemi: An Integrative Approach in Distance Learning Arabic in a Pandemic Period. Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Studi Islam, 4(2), 162–177. https://doi.org/10.26555/insyirah.v4i2.5118

Azizah, I. N., Mahdana, I. N., & Pratama, K. (n.d.). Keteladanan Kyai Dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pesantren Al Wafa.

Buku metode pengabdian. (n.d.).

Fahham, A. M. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN.

Hamzah, M. (n.d.). TRANSFORMASI PONDOK PESANTREN MUADALAH: ANTARA FAKTA HISTORIS DAN TANTANGAN MASA DEPAN.

Iryana, W. (n.d.). TANTANGAN PESANTREN SALAF DI ERA MODERN.

Melia, R., & Umar, U. (2022). Karakter Religius Antara Santri dan Non Santri: Sebuah Analisis. JIECO Journal of Islamic Education Counseling, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.54213/jieco.v2i1.110

Muali, C., Wibowo, A., & Gunawan, Z. (n.d.). PESANTREN DAN MILLENNIAL BEHAVIOUR: TANTANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBINA KARAKTER SANTRI MILENIAL. Jurnal Pendidikan Islam.

Nanda IIn Nurun N_D71214047. (n.d.).

Nyu, B., Zaenuddin, Z., & Ahbab, A. N. (2024). Peningkatan Nilai-Nilai Spiritual dalam Era Society 5.0 melalui Kitab Nashoihul ’Ibad. Social Science Academic, 2(2), 117–128. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i2.5798

Sabiq, A. F. (n.d.). PERAN PESANTREN DALAM MEMBANGUN MORALITAS BANGSA MENUJU INDONESIA EMAS 2045. 3.

Sudrajat, A. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Supranoto, H. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SMA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141

Syahri, Z. (2022). TRADISI KEILMUAN PESANTREN DI INDONESIA. 01.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Mutsaqoful Fikri: Pembinaan Karakter Santri Melalui Pengajian Kitab Nasoihul Ibad. (2024). Jurnal Indonesia Mengabdi, 6(2), 155-161. https://doi.org/10.30599/02wwv751

Most read articles by the same author(s)