Mutsaqoful Fikri: Pembinaan Karakter Santri Melalui Pengajian Kitab Nasoihul Ibad
DOI:
https://doi.org/10.30599/02wwv751Keywords:
Nasoihul ibad, participatory action research, karakter santri.Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan membina karakter santri melalui pengajian kitab Nasoihul Ibad. Kegiatan ini melibatkan 15 santri berusia 12-16 tahun pada Pesantren Tahfidz Nahdlatul Arifin. Metode pengabdian yang digunakan adalah PAR (participatory action researcth) melalui ceramah dan praktek pembacaan kitab. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan kemampuan membaca, pemahaman terhadap i’rab, terjemah dan isi kandungan kitab. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi dan partisipasi santri selama mengikuti kegiatan pengajian ini. Santri sangat antusias dan banyak bertanya terkait makna suatu kalimat dalam kitab.
Downloads
References
Al Asyari, A. H. (2022). Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren di Era Modern. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 127. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1572
Azhari, M. (2022). Pendekatan Integratif (Integrative Approach) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Jarak Jauh di Masa Pandemi: An Integrative Approach in Distance Learning Arabic in a Pandemic Period. Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Studi Islam, 4(2), 162–177. https://doi.org/10.26555/insyirah.v4i2.5118
Azizah, I. N., Mahdana, I. N., & Pratama, K. (n.d.). Keteladanan Kyai Dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pesantren Al Wafa.
Buku metode pengabdian. (n.d.).
Fahham, A. M. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN.
Hamzah, M. (n.d.). TRANSFORMASI PONDOK PESANTREN MUADALAH: ANTARA FAKTA HISTORIS DAN TANTANGAN MASA DEPAN.
Iryana, W. (n.d.). TANTANGAN PESANTREN SALAF DI ERA MODERN.
Melia, R., & Umar, U. (2022). Karakter Religius Antara Santri dan Non Santri: Sebuah Analisis. JIECO Journal of Islamic Education Counseling, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.54213/jieco.v2i1.110
Muali, C., Wibowo, A., & Gunawan, Z. (n.d.). PESANTREN DAN MILLENNIAL BEHAVIOUR: TANTANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBINA KARAKTER SANTRI MILENIAL. Jurnal Pendidikan Islam.
Nanda IIn Nurun N_D71214047. (n.d.).
Nyu, B., Zaenuddin, Z., & Ahbab, A. N. (2024). Peningkatan Nilai-Nilai Spiritual dalam Era Society 5.0 melalui Kitab Nashoihul ’Ibad. Social Science Academic, 2(2), 117–128. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i2.5798
Sabiq, A. F. (n.d.). PERAN PESANTREN DALAM MEMBANGUN MORALITAS BANGSA MENUJU INDONESIA EMAS 2045. 3.
Sudrajat, A. (2011). MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Supranoto, H. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SMA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141
Syahri, Z. (2022). TRADISI KEILMUAN PESANTREN DI INDONESIA. 01.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Ulin Niam, Nor Kholidin, Sri Enggar Kencana Dewi, Revanda Rizkyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.