Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Digital Bagi Mahasiswa

Authors

  • Dyah Pravitasari Universitas Nurul Huda
  • Nor Kholidin Universitas Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dewi Universitas Nurul Huda
  • Resti Septikasari Universitas Nurul Huda
  • Tri Ratna Dewi Universitas Nurul Huda
  • Ratih Purnama Pertiwi Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v5i1.2216

Keywords:

Quizizz, Evaluasi, Digital

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi di era globalisasi saat ini sangat cepat. Sehingga dibutuhkan sebuah kemampuan yang dapat menunjang seseorang dalam menggunakan dan mengoperasikan perangkat digital secara efektif, percaya diri dan aman. Kemampuan literasi digital seseorang bisa dimanfaatkan dalam bebagai bidang, termasuk dalam bidang Pendidikan. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai calon pendidik dengan berbagai aplikasi digital terkini. Salah satunya aplikasi Quizizz guna sebagai media evaluasi pembelajaran digital. Metode yang digunakan yaitu perencanaan, pemaparan materi, praktik Quizizz dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas karena telah diberikan pengetahuan baru tentang penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran digital. Mereka juga mengungkapkan bahwa apabila mereka nanti menjadi guru akan mengimplementasikan aplikasi Quizizz ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliah, M. (2021). EValuasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19: Tantangan Dan Solusi. Jurnal As-Salam, Vol. 5 No. 2Juli -Desember2021(Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593.

Faizah, S. N. (2021). Pendampingan Pembuatan Kuis dengan Aplikasi Quizizz bagi Guru di Sekolah Dasar di Desa Made Lamongan. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, e-ISSN 2599-0012.

Febriana, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hargita, B. S. (2020). Instagram Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Blended Learning: Kajian Pendahuluan,. Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia.

Imran, M. C. (2021). Pelatihan Quizizz Sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital Bagi Mahasiswa. Communnity Development Journal.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTEACH Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran.

Mahardika, d. A. (2023). Pelatihan Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Digital Menggunakan Quizizz bagi Guru di Kota Banjarmasin. Jurnal Abdimas Prakarsa Dakarya, e-ISSN 2776-768X1-9, https://doi.org/10.37640/japd.v3il.1540.

mei, S. Y. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research e-ISSN 2312-8429 (Online). DOI: 10.2478/ejser-2018-0022.

Nugraha, D. S. (2020). Google Quiz Sebagai Alternatif Perangkat Digitaldalam Evaluasi Pembelajaran. Langit Biru: Jurnal Ilmiah AviasiVol. 13 No.3O ktober 2020 ISSN (p) 1979-1534ISSN (e) 2745-8695.

Nugroho, M. W. (2022). PERSPEKTIF MAHASISWA TERHADAP LITERASI DIGITAL DI APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Literasi JURNAL PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SERTA PEMBELAJARANNYA. e-ISSN: 2579-3462.

Puriwigati, A. N. (2020). Pengenalan E-Learning. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/ 342010431_Pengenalan E-Learning.

Putri, V. D. (2021). Aplikasi daring Quizizz sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemik Covid 19. Linggau Journal Scince Education.

Salsabila, U. H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi P-ISSN: 2580-2240 Volume 4 Nomor 2 Desember 2020 E-ISSN: 2580-2259.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Pravitasari, D., Kholidin, N., Enggar Kencana Dewi, S., Septikasari, R., Ratna Dewi, T., & Purnama Pertiwi, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Digital Bagi Mahasiswa. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(1), 12–17. https://doi.org/10.30599/jimi.v5i1.2216
Abstract Views: 165 | File Views: 134

Most read articles by the same author(s)