Pengaruh Berbagai Aktivator Terhadap Perubahan Suhu Pada Proses Pengomposan Blotong

Authors

  • Lisa Pratama Universitas Nurul Huda
  • Mufti Ali Universitas Nurul Huda
  • Destiana Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/simbiosis.v1i1.3333

Abstract

Pengomposan blotong dalam mengurangi pencemaran limbah pada Pabrik Gula membutuhkan waktu lama, karena itu perlu ditambahkan aktivator untuk mempercepatnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengamati aktivitas dan perubahan kompos blotong  selama dekomposisi berlangsung dan mengetahui pengaruh beberapa aktivator terhadap kualitas kompos blotong. Penelitian ini dilakukan di Green House , Laboratorium Tanah dan Laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

              Penelitian dilaksanakan menggunakan metode percobaan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan rancangan percobaan faktor tunggal. Perlakuan yang diteliti tiga jenis aktivator (EM4, Stardec, kotoran sapi) dengan masing – masing tiga sebagai ulangan.

              Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivator berpengaruh terhadap dinamika populasi dan aktivitas mikrobia, suhu naik diawal kemudian stabil diakhir pengomposan. Aktivator yang lebih sesuai  pada  pengomposan blotong yaitu aktivator Stardec dengan suhu kompos 28,7 oC.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Pratama, L., Ali, M., & Destiana. (2024). Pengaruh Berbagai Aktivator Terhadap Perubahan Suhu Pada Proses Pengomposan Blotong. SIMBIOSIS: Jurnal Sains Pertanian, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.30599/simbiosis.v1i1.3333
Abstract Views: 40 | File Views: 51