Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Dari Ekstrak Kulit Buah Pisang Dan Pupuk Kandang Kotoran Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Bit Merah (Beta Vulgaris L)

Authors

  • Mufti Ali Universitas Nurul Huda
  • Lisa Pratama Universitas Nurul Huda
  • Ilham Mazid

DOI:

https://doi.org/10.30599/simbiosis.v1i1.3322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis yang optimal dan pengaruh pemberian pupuk organik cair dari ekstrak kulit buah  pisang dan pupuk kandang kotoran sapi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bit merah (Beta vulgaris L). Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni sampai bulan Agustus 2023 di Desa Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor dan tiga ulangan. Variabel yang diamati meliputi jumlah daun (helai), tinggi tanaman (cm), berat umbi per tanaman, berat umbi per petak, berat brangkasan atas dan berat brangkasan bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi perlakuan pupuk organik cair dari ekstrak kulit buah pisang dan pupuk kandang kotoran sapi (P2S2) yaitu 75 ml/polybag dan 10 ton/ha atau 250 gr/polybg menunjukkan pengaruh yang nyata dan memberikan hasil yang terbaik pada parameter pertumbuhan dan produksi tanaman bit merah (Beta Vulgaris L).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Ali, M., Pratama, L., & Mazid, I. (2024). Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Dari Ekstrak Kulit Buah Pisang Dan Pupuk Kandang Kotoran Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Bit Merah (Beta Vulgaris L). SIMBIOSIS: Jurnal Sains Pertanian, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.30599/simbiosis.v1i1.3322
Abstract Views: 32 | File Views: 32