Kesalahan Umum Pengucapan Huruf Diam (Silent Letters) oleh Mahasiswa Semester II Program Studi Bahasa Inggris

Authors

  • Hastuti Retno Kuspiyah STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Zulaikah Zulaikah STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Agung Setiadi STKIP NURUL HUDA

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v13i1.694

Keywords:

Huruf Diam, Kesalahan Umum, Pengucapan

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kesalahan umum pengucapan huruf diam (Silent Letters) dalam tes pelafalan kata-kata dari tes kata-kata Bahasa Inggris. Penelitian fokus dalam menganalisis kesalahan umum pengucapan huruf diam (silent letters) pada kata-kata Bahasa Inggris oleh para pembelajar Bahasa Indonesia tingkat pemula (novice) yaitu mahasiswa semester II program studi Bahasa Inggris STKIP Nurul Huda Sukaraja. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tes dengan kata-kata Bahasa Inggris tingkat pemula (novice). Menurut hasil analisis data dari hasil tes kemampuan pronunciation dapat disimpulkan bahwa ada 4 kategori kemampuan, yaitu: ada 5 mahasiswa ada pada kategori sangat baik (12,5%), 34 mahasiswa memiliki kategori baik (85%), dan ada seorang mahasiswa dengan kategori cukup (2,5%). Dari data analisis dapat di jelaskan bahwa secara dominan kata yang paling banyak mengalami kesalahan pengucapan yang mengandung huruf diam (silent letters) adalah kata high. Yang mana didalam kata high mengandung huruf diam ‘g’. Dengan demikian ini menjadi tantangan untuk Dosen pengampu matakuliah Pronunciation untuk mencari metode pengajaran guna penyelesaian masalah yang dihadapai mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Celce-Murcia, M., Brinton, D. M., & Goodwin, J. M. (1996). Teaching pronunciation: A reference for teachers of English to speakers of other languages. Cambridge University Press.

Carney, E. (2012). A survey of English spelling. Routledge.

Fanani, A., & Fitriana, I. (2014). Identifikasi Kesalahan Umum Pengucapan Huruf Diam (Silent Letters) oleh Mahasiswa Semester II Unipdu (sebuah Dasar Penyusunan Bahan Ajar English Pronunciation). Educate, 3(1).

Lekova, B. (2010). Language interference and methods of its overcoming in foreign language teaching. Trakia Journal of Sciences, 8(3), 320-324.

Ramadhayanti, A. (2018). Analisis Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Dan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat Ini. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 39-52.

Syafii, M. L., & Sugianto, A. (2019). Pendampingan Pengucapan (Pronunciation) Dalam Bahasa Inggris di Pondok Modern. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 32-37.

Thorburry, S. (2002). How to teach vocabulary. England.

Wijaya, A. (2016). Penerapan Variasi Kegiatan Apersepsi dan Pembelajaran Interactive Learning untuk Meningkatkan Aktifitas Pembelajaran dan Kemampuan Pronunciation Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pronunciation Practice. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 15(3).

Yiing, I. K. C. (2011). An analysis of pronunciation errors in English of six UTAR Chinese studies undergraduates. Petaling jaya: Universiti Tunku Abdul Rahman.Yusdi. (2010).Mahir Mengucapkan Kata Dalam Bahasa Inggris. Jakarta : Inspira Publishing

Downloads

Published

2021-05-07

How to Cite

Kuspiyah, H. R., Zulaikah, Z., & Setiadi, A. (2021). Kesalahan Umum Pengucapan Huruf Diam (Silent Letters) oleh Mahasiswa Semester II Program Studi Bahasa Inggris. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.30599/jti.v13i1.694
Abstract Views: 1454 | File Views: 1205

Most read articles by the same author(s)