Persepsi Mahasiswa Tentang Pengaruh Perubahan Pola Daring ke Luring Terhadap Pemahaman Konsep Mata Kuliah Semantik di Universitas Nurul Huda

Authors

  • Indah Sulmayanti Universitas Nurul Huda
  • Zulaikah Universitas Nurul Huda
  • Hastuti Retno Kuspiyah Universitas Nurul Huda
  • M Muklas Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v14i2.1573

Keywords:

Persepsi Mahasiswa, Daring dan Luring, Semantik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana persepsi mahasiswa tentang pengaruh perubahan pola daring ke luring terhadap pemahaman konsep mata kuliah semantik di Universitas Nurul Huda. Objek yang dipilih dari penelitian adalah mahasiswa semester 5 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Nurul Huda. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif, karena penelitian ini berisi gambaran mengenai persepsi mahasiswa tentang perubahan pola daring dan luring dalam pembelajaran. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa mempunyai tanggapan yang beragam tentang pembelajaran daring, hal ini disebabkan kurangnya pemahaman materi dan penyampaiannya kurang menarik tidak seperti pada saat luring, serta kurang efektif. Mayoritas mahasiswa mengalami hambatan atau kendala pada saat pembelajaran daring mata kuliah semantik adalah susahnya sinyal untuk mengakses materi dan menghabiskan kuota yang banyak. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Iftitah, I. I., & Syamsudin, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2334–2344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2079

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Badriyah, I. R., Akhwani, A., Nafiah, N., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3651–3659.

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. © 2018-Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48–53. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Al-Ibrah, 2(2), 120–145.

Kuspiyah, H. R., Zulaikah, & Nuriah, A. L. (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 2–6. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Ristanti, I. D. (2021). Gambaran Proses Pembelajaran di UPT SD Negeri 5 Bila Kabupaten Sidrap Pada Masa Pandemi Covid-19. XX. http://eprints.unm.ac.id/19738/

Sari, I. K., & Astuti, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring Dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1717–1723. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/642

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suryani, L., Tuteh, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915

Zulaikah, Z., Kuspiyah, H. R., Amaliah, K., Ningsih, E. S., Abdillah, M. I., & Tarina, S. O. (2022). Upaya Pencegahan Smartphone Addicted Berbasis Vocabulary Word Match Game Pada Anak Usia Sekolah Dasar Desa Tumi Jaya Oku Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(1), 75–81. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.84

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Sulmayanti, I., Zulaikah, Kuspiyah, H. R., & Muklas, M. (2022). Persepsi Mahasiswa Tentang Pengaruh Perubahan Pola Daring ke Luring Terhadap Pemahaman Konsep Mata Kuliah Semantik di Universitas Nurul Huda. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 14(2), 42–51. https://doi.org/10.30599/jti.v14i2.1573
Abstract Views: 58 | File Views: 37