Pelatihan Storytelling: Membangkitkan Potensi dan Bakat untuk Prestasi Berkarya Kemampuan Bahasa Inggris Siswa

Authors

  • Hastuti Retno Kuspiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Ainur Rohmah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Nurul Huda Sukaraja

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v9i2.98

Keywords:

Storytelling, Bahasa Inggris, pelatihan

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah : 1) Memberi pelatihan bagi para siswa untuk memahami teori tentang storytellig, menyeleksi cerita, memodifikasi cerita dan bahkan membuat cerita sendiri dan kemudian menceritakanya didepan umum dengan baik dalam bahasa Inggris. 2) Membekali para siswa untuk memiliki pengetahuan tentang teori storytelling yang baik dan dapat memparktikanya didepan umum, khususnya untuk mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (LFS2N) tahun 2016. Kegiatan ini berlangsung selama  dua minggu, yaitu dari tanggal 02 Mei sampai dengan 16 Mei 2016. Lama waktu yang dibutuhkan ini terkait dengan alokasi waktu yang disediakan oleh pihak sekolah dalam rangka mempersiapkan untuk mengikuti penyelenggaraan FLS2N tahun 2016. Kegiatan ini ada dua bagian yaitu teori dan praktik, namun praktik akan lebih dominan. Peserta pelatihan adalah kelas VII dan VIII dengan pertimbangan bahwa merekalah nantinya yang akan disiapkan untuk terlibat dalam mengikuti lomba storytelling. Namun jumlah peserta dibatasi 20 siswa yang diambil dari perwakilan diawal dari masing- masing kelas dengan pertimbangan akan terjadi sharing dengan siswa lain dikelas. Berdasarkan hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan baru bagi para peserta dan mereka terlihat antusias dengan merespon positif dalam bentuk selalu menghadiri jadwal kegiatan yang telah di rencanakan secara rutin. Walaupun terlihat mengalami banyak kesulitan dalam melakukan storytelling dikarenakan keterbatasan dalam menggunakan Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cameron, L. 2001. Teaching English to Young Learners. Cambridge University Press

Ellis, G & J. 1991. The Storytelling Handbook: A Guide book for primary teachers of English. London Pinguin Book.

Kuspiah, Hastuti Retno. 2006. A Comparative Study between using Storytelling and Reading Text in Teaching Vocabulary Mastery at the Fifth Grade students of SD N II Rawa Laut Bandar Lampung. STKIP- PGRI Bandar Lampung.

Wright, A. 2003. “ the Place of Story in ELT in A, Paran & E, Watts(eds) Storytelling in ELT. Kent: IATEFL Publications, 7-10.

Downloads

Published

2017-09-18

How to Cite

Kuspiyah, H. R., & Rohmah, A. (2017). Pelatihan Storytelling: Membangkitkan Potensi dan Bakat untuk Prestasi Berkarya Kemampuan Bahasa Inggris Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(2), 79–82. https://doi.org/10.30599/jti.v9i2.98

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 1854 | File Views: 1491