Penerapan Metode “ICT Project” dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMPN 1 Buay Madang OKU Timur
Keywords:
ICT Project, TIK, Bahasa InggrisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana menggunakan proyek TIK dalam mengajar bahasa Inggris di SMKN 1 Buay Madang OKU Timur untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik studi kasus. Siswa yang mengikuti kegiatan proyek TIK menjadi objek penelitian, bersama dengan kepala sekolah, dan guru. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengerjaan proyek TIK ini dapat membangkitkan minat siswa SMKN 1 Buay Madang untuk belajar bahasa inggris. Hal ini ditandai dengan perhatian siswa, kepercayaan diri, dan kepuasan.Faktor utama dalam hasil penelitian ini berupa karya tulis siswa berbahasa inggris. Siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal kolaborasi, pemanfaatan ICT, dan komunikasi.
Downloads
References
Annafi, N. and Agustina, S. (2018) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PBL) Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Calon Pendidik yang Berbudaya Development of Learning Model Project Based Learning ( PBL ) Based on Local Wisdom to Prepare Cultured Educator Candid’, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), pp. 1–10.
Dewi, S. Z. and Hilman, I. (2018) ‘Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar’, © 2018-Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), pp. 48–53. Available at: http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/.
Fahriyatul, Eny fahyuni, universitas muhammadiyah sidoarjo (2017) BUKU AJAR Teknologi informasi dan tehnologi.
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Oktaviani, R. and Marliana, N. L. (2021) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Penyuntingan Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), pp. 85–92. doi: 10.21107/metalingua.v6i2.11771.
Syarifudin, A. S. (2020) ‘Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), pp. 31–34. doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.
Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Terra, A. (2017) ‘Pengantar Teknologi Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Program Studi Sistem Informasi’, Pengantar Teknologi Informasi, p. 95.
Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 zulaikah zulaikah, M Muklas, Arief Hadziq Fikri, Eka Agustina, Deo Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

