Pendampingan Inovatif: Pembuatan Modul Projek P5PPRA Untuk Suksesnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil 'Alamin Fase D Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Huda Sukaraja

Authors

  • Marlina Marlina Universitas Nurul Huda
  • Suhartono Suhartono Universitas Nurul Huda
  • Romdloni Romdloni Universitas Nurul Huda
  • M. Ikhsanudin Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3314

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pendampingan Inovatif, P5PPRA.

Abstract

Tenaga Pendidik di MTs Nurul Huda Sukaraja belum semuanya mengikuti pelatihan penyusunan modul projek P5PPRA dari Kementrian Agama Kabupaten OKU Timur dan lembaga lain. Tenaga Pendidik di MTs Nurul Huda Sukaraja belum memiliki keterampilan yang memadai dalam penyusunan modul projek P5PPRA yang inovatif dan sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum Merdeka. Solusi pertama, melalui Pelatihan Intensif Penyusunan Modul Projek P5PPRA. Solusi kedua, melalui mentoring dan Kolaborasi dalam Pengembangan Modul. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menghasilkan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil 'Alamin Fase D Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Huda Sukaraja dengan 3 Tema yaitu 1) Gaya Hidup Berkelanjutan Sub Tema Kampanye Kebersihan Lingkungan Madrasah, 2) Tema Kearifan Lokal, Sub Tema Aku Penjaga Tradisi Tari Sambut OKU Timur dan 3) Tema Kewirausahaan, Sub Tema Membangun Kreatifitas dan Inovasi Siswa Dalam Berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Ramdhani, M., & Moh Isom. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.

Cantika, I., Supawi, M., & Hasbullah. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Kelas XI MAN 2 Langkat. JMI: JURNAL MILLIA ISLAMIA , 2(1), 266–276.

Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Hayatina Ramadhan, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya Dan Pengajaran (Protasis), 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98

Ida Bagus Nyoman. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313–6318.

Mahmudi, I., & Rochma, S. N. (2024). Pendampingan Penyusunan Soal Berbasis High Order Thinking Skill Untuk Guru Bahasa Arab di MI Nurussalam Mantingan. In Jurnal Pengabdian Multidisiplin (Vol. 3).

https://journal.kurasinstitute.com/index.php/japamul/article/view/761/555

Maba, A. P. (2021). Petunjuk Penulisan Jurnal Pengabdian Multidisiplin. Scidac Plus.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Marlina, M., Suhartono, S., Romdloni, R., & Ikhsanudin, M. (2024). Pendampingan Inovatif: Pembuatan Modul Projek P5PPRA Untuk Suksesnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ’Alamin Fase D Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Indonesia Mengabdi, 6(1), 39–43. https://doi.org/10.30599/jimi.v6i1.3314
Abstract Views: 11 | File Views: 7