Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Santri di Asrama Miftahul Huda Melalui Metode Sorogan
DOI:
https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2539Abstract
Kegiatan PKM ini bertujuan membantu pengasuh dan pengurus asrama Miftahul Huda dalam mengatasi santri yang kesulitan membaca Al-Qur’an. Lokasi kegiatan di asrama Miftahul Huda, jadwal pelaksanaannya adalah setelah shalat subuh berjamaah, mulai pukul 05.10 – 06.10 menit. Proses terdiri dari tiga bagian: (1) tahap persiapan dimana tim PKM menyiapkan segala keperluan, (2) tahap pelaksanaan kegiatan yang mencakup kegiatan awal salam pembuka dan do’a, kegiatan inti terdiri dari empat sesi yaitu : sesi pertama dimana ustadz/tim PKM membaca ayat Al-qur’an santri menyimak, sesi kedua dimana seluruh santri membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang telah dibacakan sebelumnya oleh tim PKM. Sesi ketiga dimana santri secara bergiliran membaca Al-Qur’an di hadapan tim PKM. Sesi keempat pemberian materi tambahan. (3) tahap evaluasi program. Hasil evaluasi tahap akhir menunjukkan bahwa penerapan metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Mereka juga mengalami peningkatan pemahaman terhadap ilmu tajwid.
Downloads
References
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Iys Nur Handayani dkk, Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak, Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume.3 No.2 2018
Jariah, A. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kebiasaan Membaca Al-Quran. Jurnal Studia Insania, 7(1),
Mujamil Qomar, (2002). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, ), h. 142
Nazar, M. N. S., & Nuroni, E. (2023, August). Efektivitas Metode Sorogan Abajadun Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Di Kelas Tiga SDN Cilisung 02 Desa Sukamenak Margahayu Kabupaten Bandung. In Bandung Conference Series: Islamic Education (Vol. 3, No. 2, pp. 511-520).
Soenarjo, dkk(2001)., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI, hlm. 988
Sauri, S., Amri, N., Jumadi, A., Najwa, S., & Hapsah, S. (2021). Implementasi Metode Iqra ’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Quran Di TPQ Dusun Lelonggek Desa Suntalangu. 1(1).
Subir, M. S. (2019). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa SMP Model Al-Iatiqomah. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 12(2), 104–120.
Sudrajat, M. A., Gustiawati, S., & Angelina, P. R. (2023). Peran Guru Ngaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Sorogan di Kampung Hanjuang Cisarua Bogor. TSAQOFAH, 3(6), 1003-1010.
Sugiati, “Implementasi Metode Sorogan pada Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Pondok Pesantren.” JURNAL QATHRUNA 1 (Januari-Juni 2016), 138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 suhartono suhartono, marlina marlina, romdloni romdloni, Muhammad Ikhsanudin, Saipul Amin, Tasdiq Tasdiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.