Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Santri di Asrama Miftahul Huda Melalui Metode Sorogan

Authors

  • Suhartono Suhartono Universitas Nurul Huda
  • Marlina Marlina Universitas Nurul Huda
  • Romdloni Romdloni Universitas Nurul Huda
  • Muhammad Ikhsanudin Universitas Nurul Huda
  • Saipul Amin Universitas Nurul Huda
  • Tasdiq Tasdiq Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2539

Abstract

Kegiatan PKM ini  bertujuan membantu pengasuh dan pengurus asrama  Miftahul Huda  dalam mengatasi santri yang kesulitan membaca Al-Qur’an. Lokasi kegiatan di asrama Miftahul Huda, jadwal pelaksanaannya adalah setelah shalat subuh berjamaah, mulai pukul 05.10 – 06.10 menit. Proses terdiri dari tiga bagian: (1) tahap persiapan dimana tim PKM menyiapkan segala keperluan, (2) tahap pelaksanaan kegiatan yang mencakup kegiatan awal  salam pembuka dan do’a, kegiatan inti terdiri dari empat sesi yaitu : sesi pertama dimana ustadz/tim PKM membaca ayat Al-qur’an santri menyimak, sesi kedua dimana seluruh santri membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang telah dibacakan sebelumnya oleh tim PKM. Sesi ketiga  dimana santri secara bergiliran membaca Al-Qur’an di hadapan tim PKM. Sesi keempat pemberian materi tambahan. (3) tahap evaluasi program. Hasil evaluasi tahap akhir  menunjukkan bahwa penerapan metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Mereka juga mengalami peningkatan  pemahaman terhadap ilmu tajwid.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Iys Nur Handayani dkk, Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak, Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume.3 No.2 2018

Jariah, A. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kebiasaan Membaca Al-Quran. Jurnal Studia Insania, 7(1),

Mujamil Qomar, (2002). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, (Jakarta: Erlangga, ), h. 142

Nazar, M. N. S., & Nuroni, E. (2023, August). Efektivitas Metode Sorogan Abajadun Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Di Kelas Tiga SDN Cilisung 02 Desa Sukamenak Margahayu Kabupaten Bandung. In Bandung Conference Series: Islamic Education (Vol. 3, No. 2, pp. 511-520).

Soenarjo, dkk(2001)., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI, hlm. 988

Sauri, S., Amri, N., Jumadi, A., Najwa, S., & Hapsah, S. (2021). Implementasi Metode Iqra ’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Quran Di TPQ Dusun Lelonggek Desa Suntalangu. 1(1).

Subir, M. S. (2019). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa SMP Model Al-Iatiqomah. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 12(2), 104–120.

Sudrajat, M. A., Gustiawati, S., & Angelina, P. R. (2023). Peran Guru Ngaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Sorogan di Kampung Hanjuang Cisarua Bogor. TSAQOFAH, 3(6), 1003-1010.

Sugiati, “Implementasi Metode Sorogan pada Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Pondok Pesantren.” JURNAL QATHRUNA 1 (Januari-Juni 2016), 138.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Suhartono, S., Marlina, M., Romdloni, R., Ikhsanudin, M., Amin, S., & Tasdiq, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Santri di Asrama Miftahul Huda Melalui Metode Sorogan. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(2), 63–71. https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2539
Abstract Views: 43 | File Views: 48