Pemanfaatan Aplikasi Zoom dan Google Meet Sebagai Media Optimalisasi Kepengurusan JPPPM (Jam’iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh) OKU Timur

Authors

  • Siti Anisatur Rofiqah Universitas Nurul Huda
  • Dwi Andriani Universitas Nurul Huda
  • Effendi Effendi Universitas Nurul Huda
  • Indra Irawan Universitas Nurul Huda
  • Haris Muzakki Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2232

Abstract

Pelaksanaan kegiatan bertujuan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Zoom dan Google Meet untuk pertemuan rutin bagi pengurus JPPM (Jam’iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh) OKU Timur. Peserta diharapkan dapat mahir menggunakan kedua platform ini guna meningkatkan produktivitas dalam pertemuan virtual dan memperkuat kerjasama tim. Kegiatan ini ditujukan khususnya kepada pengurus JPPPM OKU Timur. Pendekatan pelatihan yang digunakan adalah interaktif, melibatkan demonstrasi langsung untuk menunjukkan penggunaan fitur-fitur utama, serta sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman peserta. Hasil yang diharapkan mencakup peningkatan keterampilan teknis, di mana peserta dapat menggunakan fitur dasar dan canggih pada Zoom Meeting dan Google Meet dengan lancar. Dampak positif dari kegiatan ini melibatkan peningkatan kinerja tim, sehingga tim dapat bekerja secara lebih efisien dan efektif dalam pertemuan virtual, menghasilkan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anggota tim untuk bekerja secara fleksibel dari berbagai lokasi dan waktu, memperkuat fleksibilitas dan kolaborasi di antara anggota tim yang mungkin berada di lokasi geografis yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. UNP PRESS.

Fakiha, I. (2021). PEMBERDAYAAN SANTRI DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL (Studi Kasus di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Fattah, F., & Azis, H. (2020). Pemanfaatan video conference pada yayasan Sinergi Cendikia Makassar. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 1(2).

Irmeilyana, I., Ngudiantoro, N., Maiyanti, S. I., & Setiawan, A. (2022). Pemanfaatan Gawai pada Adaptasi Teknologi untuk Media Pembelajaran bagi Guru SDN 9 Tanjung Batu di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 6(1), 16-23.

Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara.

Muharmi, Y., Nadriati, S., & Ananda, L. R. (2022). Penggunaan Aplikasi ZOOM Meeting Dan Google Meet Selama Work From Home Di Masa Pandemi. 1(1), 1–5.

Pramudita, D. Y. (2019). Manajemen Media Online dan Penggunaan Media Sosial pada Wonosobozone. com.

Rahmawati, M., Nurachim, R. I., Supeno, W., & Lestari, A. F. (2022). Pelatihan Aplikasi Video Conference Google Hangouts Meet Pada Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darul Hikmah. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 43–51. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i1.1152

Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, Vol. 5(No. 2), 145. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan- komunikasi- dalam-industri-media-di-indonesia

UNISSULA, Panduan Pembelajaran Daring UNISSULA, (Semarang: UNISSULA, 2020), hlm. 5

Yulistyanti, D., Farkhatin, N., & Mustari, D. (2021). Penggunaan aplikasi sebagai media e- Learning remaja di Karang Taruna. JE (Journal of Empowerment), 2(1), 89-100.

Zahra, S. E. (2020). Pembelajaran daring pada mata pelajaran al-islam di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Anisatur Rofiqah, S., Andriani, D., Effendi, E., Irawan, I., & Muzakki, H. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Zoom dan Google Meet Sebagai Media Optimalisasi Kepengurusan JPPPM (Jam’iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh) OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(2), 79–83. https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2232
Abstract Views: 73 | File Views: 52

Most read articles by the same author(s)