Pengembangan Platform E-Learning Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Stevanus Ocktoberrikho Institut Shanti Bhuana
  • Noviyanti P Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.30599/8dkacm46

Abstract

Perkembangan pesat pembelajaran digital menuntut adanya alat yang efektif dan disesuaikan dengan tingkat pendidikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform e-learning berbasis Android yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar. Platform ini memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran secara efektif dan efisien, serta memperluas akses mereka terhadap sumber daya pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah model prototipe, yang mencakup analisis kebutuhan, desain sistem menggunakan UML dan wireframe, implementasi dengan Java dan DBMS, serta pengujian melalui metode black box. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mendukung guru dalam mengelola dan mendistribusikan materi pembelajaran, serta mendorong keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran siswa. Platform yang dikembangkan ini diharapkan dapat menjadi alternatif praktis untuk meningkatkan kualitas dan inklusivitas pendidikan dasar di era digital.

References

[1] Nuryanto, S., Muzanil, Y. A., & Masya, F. (2022). Sistem informasi e-learning berbasis Android untuk tingkat sekolah dasar (Studi Kasus: SDI Al-Hadiriyah). JUST IT Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputasi, 11(3), 44–52. [Online]. Tersedia di: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/13591

[2] Langkay, A. Y. B. Y., & Ananda, D. (2023). Math is Fun: Aplikasi belajar matematika untuk anak sekolah dasar berbasis Android. e-Proceeding of Applied Science, 9(3), 1262–1264. [Online]. Tersedia di: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14867

[3] Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android untuk tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5230

[4] Rohman, A. (2023). Efektivitas media pembelajaran matematika berbasis Android untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Papanda Jurnal Matematika dan Sains, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i2.507

[5] Widyaningrum, D. A., & Murtadho, M. A. (2022). Rancang bangun sistem informasi manajemen penerimaan beasiswa berbasis web menggunakan framework Codeigniter di Unipdu Jombang. Jurnal SITECH Sistem Informasi dan Teknologi, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.24176/sitech.v5i1.7553

[6] Saddad, M. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran bola tangan Kappar berbasis Android di sekolah dasar. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan VII, November, 577–586. [Online]. Tersedia di: https://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/3257

[7] Prianbogo, A. A., & Rafida, V. (2022). Pengembangan modul elektronik berbasis Android dengan aplikasi Kodular pada mobile learning mata pelajaran penataan produk kelas XI BDP SMK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 10(2), 1669–1678. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1669-1678

[8] Sukariada, I. K., Putra, I. G. J. E., & Purnama, I. N. (2024). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android menggunakan media Unity 3D studi kasus SD Negeri 4 Padangkerta. JATI Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8(1), 910–917. https://doi.org/10.36040/jati.v8i1.8896

[9] Santoso, D. A., & Wijaya, E. F. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android dengan menggunakan Android Studio untuk meningkatkan motivasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 135–145. [Online]. Tersedia di: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jpp/article/view/1933

[10] Iskandar, H., & Rachmawati, S. (2022). Pemanfaatan aplikasi Android dalam pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(4), 255–267. [Online]. Tersedia di: https://journal.ustjogja.ac.id/index.php/jtp/article/view/3016

Downloads

Published

2025-04-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Platform E-Learning Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar. (2025). Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi Dan Komputer, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.30599/8dkacm46