Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Komputer Dasar Berbasis Android

Authors

  • Anshori Universitas Nurul Huda
  • Fu’ad Hidayat Universitas Nurul Huda
  • Leni Asiska Universitas Nurul Huda
  • Rima Fitria Universitas Nurul Huda
  • Safitri Indah Sari Universitas Nurul Huda

Keywords:

Game, GDLC, Android

Abstract

Salah satu jenis informasi yang bisa diadaptasi menjadi sebuah media adalah game edukatif pada perangkat mobile, yang mampu memberikan pengalaman baru kepada penggunanya. Game tersebut tidak hanya melatih kemampuan berpikir dan daya ingat, tetapi juga dapat memperkenalkan budaya dan potensi produk lokal kepada masyarakat secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk menyederhanakan pengetahuan tentang komputer bagi semua orang. Program ini menghubungi masyarakat dengan menyediakan informasi yang lengkap namun mudah dipahami tentang berbagai komponen komputer, serta melatih peserta melalui kuis. Game ini populer di kalangan siswa karena mencakup materi tentang komputer, tebak gambar, dan kuis yang merupakan bagian dari pendidikan. Dalam pembuatan game ini, fokus diberikan pada menciptakan tantangan yang menarik sehingga tidak mudah ditebak atau membosankan saat dimainkan berulang kali. Penelitian ini memperhatikan bagaimana membangun game dengan metode pengembangan yang sesuai serta merumuskan algoritma yang tepat. Aplikasi ini menggabungkan informasi tentang nama setiap perangkat yang dibahas dalam levelnya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah GDLC (Game Development Life Cycle), yang mencakup tahapan inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, dan rilis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Anshori, Fu’ad Hidayat, Leni Asiska, Rima Fitria, & Safitri Indah Sari. (2024). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Komputer Dasar Berbasis Android. Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(1), 22–30. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/Instink/article/view/2501

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 109 | File Views: 173

Most read articles by the same author(s)