Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah IAI Al-Khairat Pamekasan Pada Mata Kuliah Kajian IPA MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.2109Keywords:
Ketarampilan Proses Sains, Mahasiswa Program Studi PGMI, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan KPS (Keterampilan Proses Sains) mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada mahasiswa semester III program studi PGMI IAI Al-Khairat Pamekasan Pada Tahun Ajaran 2021/2022. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 44 orang mahasiswa yang menempuh matakuliah Kajian IPA SD/MI. Adapun hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan KPS mahasiswa semester III program studi PGMI IAI Al-Khairat Pamekasan masih relatif rendah yang ditunjukan dengan nilai pada setiap indikator merumuskan masalah 61%, merumuskan hipotesis 55%, mengidentifikasi variabel 52 %, definisi operasional variabel 47%, menentukan alat dan bahan 68%, melaksanakan prosedur percobaan 57%, menganalisis data 45% dan menarik kesimpulan 47% dengan kategori cukup baik dan kurang baik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa 100% mahasiswa belum pernah berlatih keterampilan proses sains, 95,24% mahasiswa tidak senang dengan komponen-komponen keterampilan proses sains, 100% mahasiswa merasa baru dengan komponen-komponen keterampilan proses sains, 98,88% mahaiswa merasa tidk mudah memahami komponen-komponen keterampilan proses sains, 94,05% mahasiswa merasa tidak mudah melaksanakan keterampilan proses sains dan 86,46% mahasiswa tidak senang melaksanakan keterampilan proses sains.
Downloads
References
Ango, M. (2022). Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. International Journal of Educology, 11-30.
Aydogdu, B., Erkol, M., & Erten, N. (2014). The Investigation of Science Process Skill of Elementary School Teachers in terms of some variabes: Persepectif from Turkey. Asian-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 28.
Cuevas, P., Lee, O., Hart, J., & Deaktor, R. (2005). Improving sciences inquiry with elementary students of diverse backgrounds. Jounal of Research in Science Teaching. Jounal of Research in Science Teaching, 337-357.
Dingrando, L., Gonya, J., Klevickis, C., Zike, D., Fisher, D., Haase, G., et al. (2007). Focus o Physical Science Grade 8. New York: Glencoe-Mc Graw Hill.
Handayani, L. S. (2020). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Materi Listrik. Pancasakti Science Education Journal, 1-7.
Julianto, Wasis, & Agustini, A. (2018). Profil Sikap terhadap Sains, Keterampilan Proses Sains, dan Kreativitas Mahasiswa Jurusan PGSD FIP di Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Seminar Nasional Pendidikan, (hal. 197-202). Banjarmasin.
Kemendikbud. (2014a). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mustisya, S. M., Rotich, S., & Rotich, P. K. (2013). Conceptual Understanding Of Science Process Skills And Gender Stereotyping: A Critical Component For Inquiry Teaching Of Science In Kenya’s Primary Schools. Asian Journal of Social and Humanities, 359-369.
Nur, M. (1998). Berpikir Kreatif. Unesa, Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.
Ongowo, R. O., & Indokshi, F. C. (2013). Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 713-717.
Özgelen, S. (2012). Students’ Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework. Eurasian Jounal of Mathematics, Science & Technology Educational, 283-292.
Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis ProfilL Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, 22-33.
Rillero, P. (1998). Process Skill and Content Knoledge. Science Activities, 3-4.
Saputri, A. E., & Djumhana, N. (2020). Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, 35-43.
Syofyan, H., & Soraya, R. (2018). Pelatihan Penerapan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA di SD Pelita 2 Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 216-220.
Wang, C.-Y. (2015). Scafolding Middle School Students Construction of Scientific Explanation: Comparing a Cognitive versus a Metakognitive Evaluation Approach. International Journal of Science Education, 237-271.
Yuanita. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Melaluli Praktikum IPA Materi bagian-bagian Bunga dan Biji pada mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Jurnal Pemikiran & Pengembangan SD, 27-35.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitriyah Ika Astutik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

