Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD Windusari Belitang Jaya Pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Marliana Febrianti Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Imam Rodin Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Diah Pravitasari Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.1889

Keywords:

Matematika, Kualitatif, Kesulitan Belajar

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menganalisa kesulitan dalam belajar mata pelajaran Matematika pada siswa tingkat sekolah dasar (SD) kelas IV di SD Negeri Windusari Belitang Jaya. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini penulis mengambil informasi dari guru, siswa, dan kepala sekolah SD Negeri Windusari dan 27 siswa kelas IV SD Negeri Windusari. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil dari penelitian ini yaitu kesulitan yang dialami peserta didik secara umum dibagi menjadi dua hal yaitu Pertama, faktor internal dari siswa sendiri dan Kedua, faktor eksternal yang disebabkan oleh faktor lingkungan, faktor keluarga, dan faktor sekolah. Sedangkan dalam penelitian ini ditemukan beberapa kesulitan atau problematika yang dihadapi anak sebagai berikut; kesulitan alam bahasa membaca soal cerita ada 40%, dan 70% siswa yang masih memiliki problem atau berkesulitan dalam bentuk-bentuk soal geometri, selain itu ada juga 80% siswa yang memiliki kesulitan dalam menghafalkan rumus matematika, serta 40% siswa lainnya memiliki masalah pada pemahaman simbol-simbol yang ada pada mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, D., & Mudjiono, D. (2009). Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mudyaharjo. (2014). Pengantar Pendidik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Musriliani. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 2.

Nofitasari, I., & Sihombing, D. Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 7(1), 44–53. https://doi.org/10.26740/JPFA.V7N1.P44-53

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utari, D. R. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. ISTIQRA’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, V.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32. https://doi.org/10.25273/JIPM.V5I1.852

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Febrianti, M., Rodin, I., & Pravitasari, D. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD Windusari Belitang Jaya Pada Mata Pelajaran Matematika. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(1), 17–24. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i1.1889
Abstract Views: 250 | File Views: 268