Implementasi Model Pembelajaran STEM Dalam Pembelajaran Matematika di SD

Authors

  • Welli Meinarni Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1725

Keywords:

Model Pembelajaran STEM, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi model pembelajaran STEM dalam pembelajaran matematika. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah proses pengumpulan data maka proses selanjutnya adalah analisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kajian isi (content analysis) dan derkriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika di SD Negeri Tanamodindi sudah menerapkan model pembelajaran STEM dengan mengajak siswa belajar di luar kelas dan berbasis teknologi. Siswa sudah dapat membuat teknologi sederhana dalam menyelesaikan tugas/proyek yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran STEM. Model pembelajaran STEM dalam pembelajaran matematika mampu melatih siswa baik secara kognitif, keterampilan, maupun afektif. Dengan demikian model pembelajaran STEM perlu diterapkan dalam pembelajaran matematika agar menghasilkan lulusan yang memiliki kreativitas yang tinggi baik dalam bidang matematika dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R., Budayasa, I. K., Amin, S. M., & De Haan, D. (2012). Eliciting Mathematical Thinking of Students Through Realistic Mathematics Education. IndoMS. J. M. E, 3(1), 55 – 70.

Armanto, D. (2002). Teaching Multiplication an Division Realistically in Indonesian Primary Schools: A Prototype of Local InstructionalTheory. Disertasi doktor. University of Twente.

Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) subjects on students ’ learning : A preliminary metaanalysis. Journal of STEM Education. https://doi.org/10.1037/a0019454

Bybee, R. B. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. Arlington: National Science Teachers Association, NSTA Press.

Fitzallen, N. (2015). STEM Education: What Does Mathematics Have To Offer? Proceedings of the 38th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia. Sunshine Coast: MERGA.

Hofstra, B., Kulkarni, V. V., Galvez, S. M. N., He, B., Jurafsky, D., & McFarland, D. A. (2020). The Diversity-Innovation Paradox in Science. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America. https://doi.org/10.1073/pnas.1915378117

Khoiriyah, N., Abdurrahman, &, Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunti. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53.

Laza, Aitzol, Jaione Abaurrea, H. I. (2020). Mathematical Content on STEM Activities. Journal on Mathematics Education, 11, 333–346.

Milara, I.S., & Cortés, M. (2019). Possibilities and challenges of STEAM pedagogies. doi.org/10.13140/RG.2.2.28652.31360

Moye, J., & Jr, W. D. (2012). The Status of Technology and Engineering Education in the United States: A Fourth Report of the Findin.

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika di Abad 2. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40–44.

Nurlenasari, N., Lidinillah, D. A. M., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2019). Assessing 21st Century Skills of Fourth-Grade Student in STEAM Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058

Rustaman, N, Y. (2016). Pembelajaran Sains Masa Depan Berbasis STEM Education. Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi.

Septiani, N. L. W., & Yuliarto, B. (2016). Review-The Development of Gas Sensor Based on Carbon Nanotubes. Journal of The Electrochemical Society, 163(3).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmana, R. . (2017). Pendekaan Science, Technology, Angineering and Mathematics (STEAM) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 191–199. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798

Sumaryanta & Agus. (2020). Rekonstruksi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7, 11–25.

Suwarma, I. R., Astuti, P., & Endah, E. N. (2015). Balloon Powered Car Sebagai Media Pembelajaran Ipa Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS), 373–376.

Torlakson, T. (2014). Innovate: A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction.

Wulandari, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Matematis Melalui STEAM Materi Koordinat Kelas VIIIa SMP Negeri 1 Magelang. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 23–30.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning untuk Mengeksplorasi Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194

Downloads

Published

2022-09-24

How to Cite

Meinarni, W. (2022). Implementasi Model Pembelajaran STEM Dalam Pembelajaran Matematika di SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 109–114. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1725
Abstract Views: 783 | File Views: 2039