Penerapan Metode Bernyanyi Pada Anak-Anak Dalam Menghapal Huruf Hijaiyah Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih
Keywords:
Metode Bernyayi, Huruf Hijaiyah, TPAAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendidikan ini atas dasar kerjasama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan kelurahan Anak Petai Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan untuk memberikan pengajaran terkait penerapan metode bernyanyi pada anak-anak dalam menghapal huruf hijaiyah di kelurahan Anak Petai melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang berjumlah 20 murid. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya dalam pengenalan huruf hijaiyah yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton. Pengajar hanya menyebutkan huruf hijaiyah saja dan tidak dilengkapi dengan penggunaan metode, sehingga anak-anak kadang lupa dalam mengenali huruf tersebut.Downloads
References
Fadlilah, M. (2012). Desain Pembelajar PAUD. Jogjakarta: Ar-ruzz Media Mulyana.
Jamalus. (1998). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.
Ma’rifah, I. (2009). Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Membina Akhlak Anak Usia Dini. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Muhaiban. (2002). Strategi Pembelajaran Al-Arabiyah Lil-Athfal. Malang: Makalah disajikan dalam Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Syaiful Bahri Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novia Ballianie; Abdul Muis, Amir Hamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

