Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Islam Palembang

Authors

  • Nurlaeli Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Ahmad Syarifuddin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1662

Keywords:

Implementasi, Nilai-nilai Pancasila, Peserta Didik

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang harus di dapat oleh warga negara Indonesia. Pada Era Revolusi 5.0 saat ini Indonesia harus sejak awal menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik agar mereka paham dasar negara kesatuam Republik Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai- nilai pancasila pada paserta didik kelas II di SDI Islam Al-Alifah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang di gunakan adalam metode kualitatif. Pada tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di kelas II SDI Al-Alifah Palembang dalam mengiplementasikan nilai-nilai pancasila yaitu dengan melalui kegiatan pembelajaran agama, Pkn dan mata pelajaran yang lainnya dengan mengajarkan dan menanamkan sila-sila pancasila dan pengimplementasinya dalam kegiatan di sekolah baik dalam kelas maupun di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M., & Tukiran, T. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Sila II Pancasila Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 36–49.

Amir Hamzah. (2020). Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di Madrasah Ibtidaiyah Teachers ’ Role As Effort To Prevent Drug Abuse At Islamic Elementary School In The Revolution 4 . 0. 7(2), 124–135. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/15980/pdf

Enda Permatasari, T. H. dan A. Ha. (2019). Vol 1 NO 3. Pej.Ftk.Uinjambi, 1(3), 1. https://scholar.google.com/citations?user=bCCVfIgAAAAJ&hl=en

Fadhilah, N., & Adela, D. (2020). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(3), 7–16. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i3.44

Herman Zaini, Afriantoni, Abdul Hadi, Fuaddilah Ali Sofyan, Faisal, P. and A. H. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Https://Www.Webology.Org/Abstract.Php?Id=440#, 18(1), 154–165. https://doi.org/https://doi.org/10.14704/WEB/V18I1/WEB18080

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila Pendidikan untuk Mewujudkan Nilai-nilai Pancasila, Rasa Kebangsaan dan Cinta tanah Air Sesuai dengan SK. Dirjen Dikti No. 43/Dikti/Kep/2006. Paradigma.

Kalidjernih, Freddy K. (2019). Kajian Kewarganegaraan Terhadap Revitalisasi Pancasila. Jurnal Civics, 16(1), 103.

Khosiah, N. (2020). Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman Vol. 6, No. 1, Maret 2020. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas– Probolinggo, 6(1), 84–100.

Maemunah. (2018). Kebijakan pendidikan pada era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pengambdian 2018 Univeristas Muslim Nusantara Al-Washliyah, September, 1–8.

Meleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nany S, Y. C. (2009). Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika, 9(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/hum.v9i1.3787

Prastowo, A., Kurikulum, T., Dasar, P., Menengah, D. A. N., Indonesia, D. I., & Prastowo, A. (2018). JIP:Jurnal Ilmiah PGMI Volume 4 No 2, Desember 2018 Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar..... Andi Prastowo. 4(2), 111–125.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantatif,Kualitatif dan R n D. Alfabeta.

Sutjipto. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 501. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.45

Tarigan, P. B. (2013). Hakikat,Fungsi, Dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaran Di Sd. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Winataputra, U. S. (2014). Pembelajaran PKn di SD. In: Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4011/

Downloads

Published

2022-09-24

How to Cite

Nurlaeli, & Syarifuddin, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Islam Palembang. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 102–108. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1662
Abstract Views: 138 | File Views: 95