Strategi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Alqur’an Hadits Kelas 4 Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Musthofa Nusa Tunggal

Authors

  • Muhammad Sutikno STIT-NU Sumber Agung OKU Timur
  • Resti Septika Sari Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1584

Keywords:

Strategi Guru, Mutu Pembelajaran, Al-Quran Hadist

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Alqur’an Hadits kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Musthofa Nusa Tunggal. Penelitian ini menggunakan data kualititatif. Data penelitian diperoleh observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik kajian isi (content analysis) dan deskriptif kualitatif.  Teknik ini dilakukan dengan mengidentifikasi data yang diperoleh, diolah kemudian dianalisis secara konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran Alqur’an Hadits kelas 4 MI Al-Musthofa Nusa Tunggal. Guru menggunakan strategi pembelajaran tidak langsung / berpusat pada siswa. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran Alqur’an Hadits yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran Alqur’an Hadits di kelas 4 MI Al-Musthofa Nusa Tunggal, yaitu pertama, seorang guru harus bisa membuat RPP, Kedua, guru harus mempunyai sikap profesional dan kreatifitas (kreatif, inovatif, aktif), Ketiga, kesadaran guru akan tujuan pembelajaran, Keempat, guru menganjurkan peserta didik untuk mempunyai sumber belajar lain selain LKS. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, O. (2019). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Haq, A. (2019). Peranan guru dalam pelaaksanaan program kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in. Bumi Ayu.
Hasibuan, S. N. dan Z. E. (2018). No Title. Kencana.

Husniyatus, Z. S. dan. (2017). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis ICT, Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kencana.

J.Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2015). Implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2016). Profesi dan Etika Keguruan. Kalam Mulia.

Rustini, H. T. (2009). Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Pembelajaran IPS SD Kelas IV Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(1). https://doi.org/10.17509/eh.v1i1.2721

Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Santoso, A. (2020). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH 12 DESA NGAMPEL KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO. niversitas Muhammadiyah Ponorogo.

Septikasari, R. (2017). PEMBELAJARAN TIMBAL BALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS V DI MI AL MUSTHOFA BELITANG III. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Ke-1). Alfabeta.

Sukring. (2013). Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Graha Ilmu.

Suryana, N. I. dan Y. (2016). Kompetensi Pedagogik. Genta Group Production.

Tabroni, I., & Qutbiyah, S. M. (2022). Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, Vol.1, No., 353–360.

Uno, H. B. (2018). Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek Yang Memengaruhi. Bumi Aksara.

Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 378–385. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706

Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Sutikno, M., & Sari, R. S. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Alqur’an Hadits Kelas 4 Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Musthofa Nusa Tunggal. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 88–96. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1584
Abstract Views: 329 | File Views: 403