Pentingnya Implementasi Pembelajaran Berbasis Android dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Authors

  • Adi Darma Surya UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1559

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Android, Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Abstract

Perubahan  dan perkembangan senantiasa terjadi, sehingga diperlukan upaya untuk beradaptasi agar tidak mengalami ketertinggalan.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan ITdalam pembelajaran berbasis Android antara lain dengan memanfaatkan gawai masing-masing siswa guna menunjang pembelajaran khususnya siswa kelas tinggi sekolah dasar. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menginformasikan mengenai pentingnya mengimplementasikan pembelajaran berbasis Android untuk siswa kelas tinggi sekolah dasar, manfaat yang ditimbulkan khususnya pada perkembangan kemampuan kognitif serta berbagai cara yang dapat dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Android. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kepustakaan (literature review) dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari berbagai data hasil penelitian. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara umum gawai yang digunakan adalah berbasis Android karena dinilai lebih mudah dalam pengoperasiannya. Melalui pembelajaran berbasis Andorid siswa akan lebih mudah mengakses segala hal yang terkait dengan materi pembelajaran dan akan menjadi sumber belajar mandiri bagi siswa. Dengan demikian, pembelajaran berbasis Android akan dapat mengembangkan kemampuan kognitif siswa secara maksimal terutama pada siswa usia sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227
Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 9, 75. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1
Amin, S. (2013). Tinjauan Keunggulan dan Kelemahan Penerapan Kurikulum 2013. Al-Bidayah, 5(2), 269–271.
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 2, 485–501. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47–66.
Bhagaskara, A. E., Nur Afifah, E., & Maulana Putra, E. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp di SD Yapita. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.183
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Dhamantara, Z. (2021). Pengembangan Aplikasi Chatbot Whatsapp Materi Pesawat Sederhana Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 10 (1), 2013–2015.
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning Loss During Covid-19: An early systematic review. Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Lessons Learned During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Lauren, G., & Murtiwati. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi, 12(2), 1–10.
Lestari, R. (2013). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 607–612. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/
Machfud. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN Jumputrejo Melalui Metode Blended Learning dengan Aplikasi Whatsapp. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 43–49.
Musahrain. (2016). Developing Android-Based Mobile Learning as a Media in Teaching English. Proceeding The 2nd International Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2(1), 307–313.
Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Suryani, N., & S. Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Ombak.
Wulandari, D. (2016). Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 851. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1318
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugerah Utama Raharja.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Surya, A. D. (2022). Pentingnya Implementasi Pembelajaran Berbasis Android dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 80–87. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1559
Abstract Views: 306 | File Views: 276