Meningkatkan Disposisi Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Teknologi Komputer Pada Siswa SD Muhammadiyah Metro Lampung

Authors

  • Hardika Saputra Institut Agama Islam Agus Salim Metro

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1527

Keywords:

Disposisi Matematis, Kooperatif, STAD, Teknologi Komputer

Abstract

Disposisi matematis siswa sangat rendah, hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan saat ini cenderung hanya berpusat pada guru yang menekankan proses prosedural, tugas latihan, dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuannya. Pembelajaran matematika tidak hanya berkaitan tenang konsep prosedur dan aplikasinya saja tetapi juga terkait dengan pengembangan minat dan ketertarikan terhadap matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi experiment dengan bentuk desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Muhammadiyah Metro Lampung yang sudah dikelompokkan menjadi tiga kelas penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen non tes berbentuk angket. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan disposisi matematis pada pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Teknologi Komputer meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akuyinah, U. D. (2017). Pengaruh Strategi Heuristic Vee Terhadap Kemampuan Disposisi Matematis Pada
Materi Segiempat Kelas VII Mts. Al Hidayah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Inovasi Pendidikan
dan PembelajaranMatematika. 3, (1), 53-62. ISSN-2477-278X
Fu'ad, M. (2013). Pembelajaran Geometri Berbantuan Wingeom Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Untuk
Meningkatkan Kemampuan Spasial Dan Disposisi Matematis Peserta didik. Bandung: Tesis S2,
Universitas Pendidikan Indonesia.
Gutami, E.E. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dan Numbered Heads
Together (NHT) Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Disposisi Matematis Peserta didik SMA Negeri 2
Bantul. Yogyakarta: Tesis S1, Universitas Negeri Yogyakarta.
Hidayat, R. (2014). Model Pembelajaran Assure Berbantuan Software Autograph Untuk Meningkatakan
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Concept Matematis Peserta didik SMP. Bandung:
Tesis S2, Universitas Pendidikan Indonesia.
Kariadinata, R. (2010). Kemampuan Visualisasi Geometri Spasial Peserta didik Madrasah Aliyah (MAN) Kelas
X Melalui Program Pembelajaran Mandiri. Jurnal Edukasi Matematika, Vol 1, No 2, 73-85.
Kesumawati, N. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah serta Disposisi
Matematis Peserta didik SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Palembang:
Tesis S2, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Peserta
didik Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74–79.
https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/230
Mustafa. (2005). The implication of Learning Theories for Effective Technology Integration and Pre-service
Teacher Training: A Critical Literature Review. Diambil 10 Desember 2021, dari situs World Wide Web http://www.tused.org/internet/tused/archive/v2/i1/fulltext/tusedv2i1s1.pdf
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles Standardsdars for School
Mathematics. Reston, V.A: National Council of Teachers of Mathematics
Nurhazannah, Y. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe StudentTeam Achievement Devision (STAD). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA,
8(2), 50–59. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i2.21176
Sofianti, D., Akhirmen, & Areva, D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Peserta didik Yang Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) Peserta didik Kelas XI IPS SMAN 11 Padang. Economica: Journal of
Economic and Economic Education, 1(2), 238–244.
https://doi.org/10.22202/economica.2013.v1.i2.125
Sudiarsini, M., dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Media Visual
Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. 4(1),
http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7425
Suratno. (2013). Pengaruh Penerapan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Minat
Peserta didik Di SMA N 10 Batanghari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 111–
122. https://doi.org/10.15294/dp.v8i2.3367
Trimurtini. (2009). Implementasi Model Cooperative Learning Berbantuan Komputer Dalam Pembelajaran
Pendidikan Matematika I Pada Mahapeserta didik PGSD. Jurnal Kependidikan, Vol 39, No 2, 119-
128.
UNESCO. (2003). “Using ICT for Quality Teaching, Learning and Effective Management” Report of the Seventh
UNESCO-ACEID International Conference on Education. Bangkok: UNESCO.
Van de Walle, J.A. (2008). “Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran Edisi
Keenam jilid 1”. Jakarta: Erlangga
Viviyung. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
PKn Peserta didik Kelas V SD Negeri 32 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal
Penelitian Pendidikan Indonesia), 1(1), 38–46. https://doi.org/10.29210/0201515
Wardani, D. T. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)
Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta didik Tahun
Ajaran 2014/2015. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2), 105– 112.
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.657

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Saputra, H. (2022). Meningkatkan Disposisi Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Teknologi Komputer Pada Siswa SD Muhammadiyah Metro Lampung. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 34–43. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1527
Abstract Views: 294 | File Views: 240