Pola Penerapan Disiplin Adaptasi Kebiasaan Baru Peserta Didik di MI Subulussalam Sriwangi, Kec. Semendawai Suku III, Kab. OKU Timur.

Authors

  • ahmad ulin niam Universtas Nurul Huda
  • Ahmad Sodikin Universitas Nurul Huda
  • Suhartono Suhartono Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1507

Keywords:

Disiplin, Adaptasi Kebiasaan Baru, Peserta Didik MI

Abstract

Pandemi yang melanda negeri ini telah menimbulkan banyak perubahan yang sangat fundamental dalam segi tatanan kehidupan, baik interaksi antar individu, kegiatan sosial, ekonomi bahkan pendidikan. Dampak yang nyata dari pandemi ini adalah kebiasaan baru yang harus tetap dilaksanakan agar meminimalisir penularan dan penyebaran virus corona. Sebuah kebiasaan yang harus di biasakan oleh seluruh lapisan masyarakat  yang sudah terbiasa tanpa protokol kesehatan, suatu hal yang tak mudah sampai kemudian bisa hidup berdampingan dengan pandemi, atau bahkan sampai  virus corona ini hilang. Dalam penelitian ini membahas dan menganalisa tentang pola penerapan adaptasi kebiasaan baru di lingkungan sekolah dasar, dimana para peserta didik ditanamkan untuk terbiasa menerapkan protokol kesehatan selama berada di lingkungan sekolah. Sumber data penelitian ini adalah para peserta didik MI Subulussalam, penelitian ini termasuk field research dengan pendekatan  kualitatif deskriptif, dimana siswa ini dibiasakan untuk mencuci tangan, memakai masker dan phisycal distancing serta membawa bekal dari rumah sebab kebijakan sekolah yang menutup sementara waktu kantin dan juga gerbang utama, sekolah tidak memperkenankan para siswa ini untuk saling bertukar alat makan, sekolah juga memberlakukan PTM terbatas dengan model Shifthing untuk mengurangi jumlah kepadatan siswa disekolah termasuk juga untuk waktu istirahat, kelas rendah terlebih dahulu itstirahat, berselang 15 menit kemudian kelas atas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliah B. (2012). Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan Sosial Tidak Membantu Stres Akademik. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol . 1, No. 3, 2012: 136-144 DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v1i3.63
Andi Prastowo. 2010. “Menguasai Teknik-teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif”. Jogjakarta: DIVA Press
Azizah, Nur. (2020). Struktur dan Kultur Budaya dalam Keluarga di Era AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) di Lingkungan Keluarga Kota Bandung, Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies Vol.1 No.1, 2020: 1-11 DOI : 10.15575/azzahra.v1i1.9474
Lexy J. Moleong. 2010. “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung: Remaja Rosdakarya
Moenir. (2010). “Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia”. Jakarta: Bumi Aksara
Promkes. (2020). Krisis Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Retrieved from http://promkes.kemkes.go.id/ website: http://promkes.kemkes.go.id/menuju-adaptasikebiasaan-baru
Rahman, Masykur Arif. (2011). “Pentingnya Disiplin Belajar”. Jakarta : Rineka Cipta
Ratcliffe, Rebecca.( 2020).” First Corona Virus Cases Confirmed In Indonesia Amid Fears Nation Is Il Prepared For Outbreak”. The Guardian.com diakses pada tanggal 3 September 2021.
Sugiyono, 2009, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung : Alfabeta.
Sulistiadi, W., Rahayu, S. (2016). Potensi Penerapan Maqashid Syariah Dalam Rumah Sakit Syariah Di Indonesia, Proceding IAIN Batu Sangkar. Vol 1, No 1. 2016.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 Diakses dari laman https://gtk.kemdikbud.go.id . 4 januari 2022.
Surat Keputusan Bersama Menteri Nomor : 116266/A5/HK/2020 TAHUN 2020 Diakses Dari Laman www.Kemendikbud.go.id. 3 September 2021.
Yurianto, A. (2020). “Buku Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru”. Jakarta : Kementrian kesehatan RI.

Downloads

Published

2022-04-23

How to Cite

niam, ahmad ulin, Sodikin, A., & Suhartono, S. (2022). Pola Penerapan Disiplin Adaptasi Kebiasaan Baru Peserta Didik di MI Subulussalam Sriwangi, Kec. Semendawai Suku III, Kab. OKU Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 62–72. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1507
Abstract Views: 160 | File Views: 137