Penggunaan Aplikasi WhatsApp Dalam Pembelajaran Daring di Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Ratih Purnama Pertiwi Universitas Nurul Huda Oku Timur
  • Arini Rosa Sinensis Universitas Nurul Huda Oku Timur
  • Tri Ratna Dewi Universitas Nurul Huda Oku Timur
  • Resti Septika Sari Universitas Nurul Huda Oku Timur
  • Sri Enggar Kencana Dewi Universitas Nurul Huda Oku Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1461

Keywords:

Pembelajaran Daring, Aplikasi WhatsApp, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran daring di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi deskriptif yaitu berupa reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam kegiatan penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilkukan di SD Negeri Bangsa Negara Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran daring di tingkat sekolah dasar menjadi salah satu solusi utama selama pandemi COVID-19. Pembelajaran dilakukan dengan mengirimkan materi melalui gambar, video, dokumen, atau link youtube oleh guru kepada peserta didik. Terdapat kendala dalam proses pembelajaran menggunakan WhatsApp diantaranya adalah kesulitan peserta dalam memahami materi, kurangnya pengawasan kepala peserta didik selama dalam kegiatan belajar, dan tidak stabilnya jaringan internet.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Aplikasi WhatsApp, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nugraha, S. A., Bayu, Rani, & Suswandari, M. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194-204. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10015

Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Biodiversitas di Kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85–95. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22

Pratama, R. A. (2019). Kuliah Melalui WhatsApp (Kulwapp). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17–27. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.32

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp sebagai Media Pembelajaran. WidyaGenitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53– 62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Soimah, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38-44. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2559

Syam, A. N., & Rizalia, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan WhatsApp Grup terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi IAIN Kendari Ditinjau dari Kesadaran Metakognitif. Biopedagogia, 3(1), 16–25. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v3i1.1847

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Pertiwi, R. P., Sinensis, A. R., Dewi, T. R., Sari, R. S., & Dewi, S. E. K. (2022). Penggunaan Aplikasi WhatsApp Dalam Pembelajaran Daring di Tingkat Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i1.1461
Abstract Views: 363 | File Views: 351