Profil Kompetensi Pedagogik dan Profesional Mahasiswa Calon Guru Fisika

Authors

  • Fatma Hamid Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun
  • Saprudin Saprudin Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.644

Keywords:

Profile of competencies, Pedagogical competence, Professional competence

Abstract

This research is a survei that aims to describe the profile of pre-service physics teachers (PPT)' pedagogical and professional competencies. This survei was involved 60 PPT for the sixth semester to eighth semester on the 2015-2016 academic year in the physics education study program at a LPTK in Ternate, Indonesia. Data was collected through teacher competency tests and documentation studies. The results of the data analysis showed that the PPT' pedagogical and professional competencies can be categorized as low with a percentage of 34.0% and 25.8%. The results of this survei are expected to be used as a reference in formulating appropriate actions related to improving the PPT' pedagogical and professional competencies at the research location.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I. H., Haerullah, A., & Saraha, A. R. (2016). Pengembangan Media Video Tutorial Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kalor. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2).

Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).

Bakri, F., Raharjo, S.B. (2015). Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF), 1(1), 91-96.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19.

Erwin, E., Rustaman, N. Y., Firman, H., & Ramalis, T. R. (2019). Instrumen Asesmen Pedagogical Content Knowledge dalam Konteks Pengembangan Keterampilan Komunikasi Saintifik pada Pembelajaran Fisika. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 102-110.

Julaeha, S. (2009). Pembimbingan refleksi pembelajaran dalam PKP: Suatu analisis empiris pada program S1 PGSD-UT. Jurnal Pendidikan, 10(2), 67-77.

Kemendikbud. (2015). Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2015; Buku 4, Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. (2015). Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mansur, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural (Suatu Prinsip-Prinsip Pengembangan). Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Maruf, M., & Rahim, A. L. (2013). Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi, Partisipasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(3), 252-263.

Pauji, R., Trisna, B. N., & Atsnan, M. F. (2016). Pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran matematika SMA di kota Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 164-170.

Penjelasan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru

PSG Panitia Sertifikasi Guru Rayon 130. (2012). Laporan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2012; Buku 1 (Unpublished). Universitas Khairun, Ternate

PSG Panitia Sertifikasi Guru Rayon 130. (2013). Laporan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2013; Buku 1 (Unpublished). Universitas Khairun, Ternate

Pujiastuti, E., Raharjo, T. J., & Widodo, A. T. (2012). Kompetensi profesional, pedagogik guru IPA, persepsi siswa tentang proses pembelajaran, dan kontribusinya terhadap hasil belajar IPA di SMP/MTs Kota Banjarbaru. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1).

Purwana, U. (2010). Profil kompetensi pedagogik guru IPA-fisika SMP dan MTs di wilayah Paseh Kabupaten Sumedang melalui kegiatan lesson study berbasis MGMP. Bandung: FPMIPA UPI.

Rahman, M. H., Saprudin, S., Mubarak, H., & Hamid, F. (2017). Evaluasi Program IbM Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi Bagi Sekolah Dasar di Kota Ternate. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(2), 59-65.

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Saprudin. (2013). Profil Kompetensi Guru Bidang Studi Fisika pada Pelaksanaan Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2012 di Provinsi Maluku Utara. Jurnal Omega, 2(1)

Saprudin. (2014). Analisis Capaian Kompetensi Guru Bidang Studi Fisika pada Pelaksanaan Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2013 di Provinsi Maluku Utara. In Prosiding Seminar Kontribusi Fisika 2014 (SKF 2014)

Saprudin, S. Efektivitas Penerapan Model Kooperatif STAD Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Penguasaan Siswa SMA terhadap Kemampuan yang Diujinasionalkan MataPelajaran Fisika di Maluku Utara. ProsidingSNIPS2015.

Saprudin, S. (2018). Analisis Kesiapan dan Strategi Monitoring Evaluasi Program Pengembangan Perkuliahan Gelombang dan Optik Berbasis Game. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 28-37.

Saprudin, S., Haerullah, A. H., Abdullah, I. H., Saraha, A. R., & Hamid, F. (2018). Pengembangan Media Video Tutorial Model Discovery Learning Materi Tekanan Hidrostatis. In Prosiding Seminar Kontribusi Fisika (Vol. 2017, pp. 300-304).

Saprudin, S., & Hamid, F. (2018, November). Penggunaan multimedia interaktif model drill and practice materi fluida dinamis untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-journal) (Vol. 7, pp. SNF2018-PE).

Saprudin, S., & Hamid, F. (2018). Efektivitas penggunaan multimedia interaktif materi kalor berorientasi peta kompetensi siswa Sekolah Menengah Atas. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 29-38.

Saprudin, S., Liliasari, L., & Prihatmanto, A. S. (2017, September). Pre-Service Physics Teachers’ Concept Mastery and the Challenges of Game Development on Physics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012109). IOP Publishing.

Saprudin, S., Liliasari, L., Prihatmanto, A. S., & Setiawan, A. (2018). The Design of Media on Two-Lens System Experiment (MTLSE) for Pre-service Physics Teachers. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 91-100.

Saprudin, S., Liliasari, S., Prihatmanto, A. S., & Setiawan, A. (2019, February). Pre-service physics teachers’ thinking styles and its relationship with critical thinking skills on learning interference and diffraction. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032029). IOP Publishing.

Saprudin, S., Liliasari, L., Prihatmanto, A. S., & Setiawan, A. (2019). The Potential of Gamification in Developing Pre-Service Physics Teachers' Critical and Creative Thinking Skills. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 5(1), 7-7.

Saprudin, S., Liliasari, S., Prihatmanto, A. S., & Setiawan, A. (2019, February). Profile of pre-service physics teachers’ creative thinking skills on wave and optics course. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032030). IOP Publishing.

Saprudin, S., Liliasari, L., Setiawan, A., & Prihatmanto, A. (2019). The effectiveness of using digital game towards students’ academic achievement in small and large classes: A comparative research. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(12), 196-210.

Saprudin, Sutarno, Liliasari. 2010. Developing Generic Science Skills Of Prospective Teacher Through Offline and Online Interactive Multimedia in Physics Learning. Proceding of the 4th International Conference on Teacher; Join Conference UPI & UPSI Bandung. Indonesia 8-10 November 2010.

Sembiring, M. Gorky. (2009). Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta: Best Publisher

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Wulandari, R. W., & Mundilarto, M. (2016). Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Fisika Dalam Melaksanakan Pendekatan Saintifik Di SMAN Sleman. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 92-104.

Yuliati, L. (2017). Asesmen Autentik dalam Active Learning untuk Memonitor Kemajuan Belajar Calon Guru Fisika. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 2(1), 120-126.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Downloads

Published

2020-05-28

How to Cite

Hamid, F., & Saprudin, S. (2020). Profil Kompetensi Pedagogik dan Profesional Mahasiswa Calon Guru Fisika. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.644
Abstract Views: 1716 | File Views: 1758