Sosialisasi Sex education Melalui Video Animasi Berbasis LVEP di SD Sonosewu

Authors

  • An-Nisa Apriani Universitas Alma Ata
  • Muchammad Ilham Rahmad Ramadan Universitas Alma Ata
  • Emiliana Universitas Alma Ata
  • Serli Nur Cahyati Universitas Alma Ata
  • Laila Rahmawati Universitas Alma Ata
  • Siti Nur Hidayah Universitas Alma Ata

DOI:

https://doi.org/10.30599/njmjfr44

Keywords:

LVEP, Sex education, Sekolah Dasar, Video Animasi

Abstract

Sex education pada anak usia sekolah dasar merupakan aspek krusial dalam membangun pemahaman yang benar tentang tubuh, batasan diri, serta norma sosial yang sesuai. Namun, topik ini masih sering dianggap tabu dan kurang mendapatkan perhatian dalam lingkungan pendidikan formal. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan sex education melalui media video animasi berbasis Living Values Education Program (LVEP) guna memberikan pemahaman yang komprehensif kepada siswa. Tahap sosialisasi ini meliputi tahap persiapan, pengenalan, partisipan, diskusi, penutup, dan evaluasi. Setelah dilakukan pre-test dan post-test ditemukan bahwa pemahaman siswa mengenai sex education mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan rata – rata skor post-test sebesar 85.30 yang masuk dalam kriteria “ sangat baik ” selain itu hasil ini menunjukan bahwa 100% siswa telah memahami konsep sex education dengan baik. Analisis ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang sex education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, E., Afdila, F. L., & Andriani, Y. (2018). Pengaruh Pemberian Pendidikan Seksual Terhadap Kejadian. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 5(2), 162–168.

An-Nisa Apriani, & Komalasari, M. D. (2023). Integration Of The Living Values Education Program ( LVEP ) In The Merdeka Curriculum. 10, 61–69.

An Nisa Apriani, & Sari, I. P. (2024). Model Pembelajaran Islamic Living Values An Educational Program (I-LVEP) Berbasis Stem (I. Fahmi (Ed.); Edisi Pert). Prenadamedia Group.

Apriani, A.-N. (2019). Living Values Education : Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik (Khanifah (Ed.)). K-Media.

Apriani, A.-N., & Sari, I. P. (2024). Model Pembelajaran Islamic-Living Values: Education Program (I-LVEP) Berbasis Stem (1st Ed.). Kencana.

Apriani, A. N. (2022). Living Values Education Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik (Khanifah (Ed.); Edisi Pert). K-Media.

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V9i1.35690

Arikunto. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pensisikan ((Edisi Rev). Bumi Aksara.

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Confrence Of Elementary Studies, 483.

Hidayana, W., & Apriani, A.-N. (2023). Pengaruh Living Values Education Program Terhadap Penguatan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V Sd 3 Pengalusan. Indonesian Journal Of Elementary Education And Teaching Innovation, 2(2), 95. Https://Doi.Org/10.21927/Ijeeti.2023.2(2).95-106

Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Kelas Iv Sd Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629–646. Https://Doi.Org/10.37329/Cetta.V6i3.2523

Justicia, R. (2023). Program Underwear Rules Untuk Mencegah Universitas Pendidikan Indonesia Masa Dini Sering Penyerapan Informasi Yang Sangat Proses Komnas Tersebut Jauh Melebihi Kenyataannya. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232.

Maulia, I. R., Aprillia, I., Putri, N. H., & ... (2024). Pendampingan Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Di Sekolah Dasar Mi Miftahul Ulum. Ngabdi …, 2, 130–139. Https://Journal.Csspublishing.Com/Index.Php/Ngabdi/Article/View/740%0ahttps://Journal.Csspublishing.Com/Index.Php/Ngabdi/Article/Download/740/529

Rahmadani, Z. (2025). Vol. 2, No. 3, Tahun 2025. 2(3).

Sari, M. W. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Islam Anak Di Desa Taluk Kecamatan Natal. 1–86.

Sukitman, T., & Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) Dalam Pembelajaran Ips (Studi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 30–41. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V3i1.2717

Tillman, D. (2004). Living Values Activities For Children Ages 8-14 (S. R. (Ed.)). Pt Grasindo.

Tuhuteru, S., Kaiwai, O., Douw, L., Oni, W., Willi, F., Agapa, R., Kogoya, I., Mabel, R., Karoba, M., & Tabuni, I. (2021). J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia. Abdimas Indonesia, 1(2), 26–32. Https://Dmi-Journals.Org/Jai/Article/View/226

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Sosialisasi Sex education Melalui Video Animasi Berbasis LVEP di SD Sonosewu. (2025). Jurnal Indonesia Mengabdi, 7(1), 14-22. https://doi.org/10.30599/njmjfr44

Most read articles by the same author(s)