Perancangan dan Pembangunan Aplikasi Pemesanan Makanan 'Gondrongfood' Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.30599/nhsqgp14Keywords:
Rancang bangun aplikasi, Aplikasi pemesanan, PHP, WaterfallAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam pemesanan makanan. Dalam era digital saat ini, layanan pemesanan makanan secara daring semakin diminati karena dinilai lebih praktis dan efisien. Aplikasi Gondrongfood dikembangkan sebagai solusi untuk memudahkan konsumen dalam menelusuri menu, membaca ulasan, serta melakukan pemesanan secara cepat dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pemesanan makanan berbasis Android. Metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall, dengan bahasa pemrograman Java dan basis data MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pemesanan makanan online yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha kuliner dalam memasarkan dan menjual produk secara digital. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi proses pemesanan, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, serta memperluas jangkauan pasar melalui platform mobile.
References
[1] Prasetyo, A. D., & Wibowo, A. (2021). Rancang bangun aplikasi pemesanan makanan berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 7(2), 105–112.
https://www.journal-isi.org/index.php/isi/article/view/132
[2] Purnama, Y., & Ardiyansyah, R. (2020). Pembangunan aplikasi pemesanan makanan dan minuman pada restoran berbasis Android. Jurnal Informatika, 14(1), 55–62.
https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/6789
[3] Rumagit, B. S., & Lumentut, M. R. (2015). Rancang bangun aplikasi pemesanan menu makanan restoran berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 4(2), 89–98.
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/informatika/article/view/13749
[4] Busran, M., & Anggraini, D. (2016). Rancang bangun aplikasi pemesanan makanan dan minuman berbasis Android dengan sistem pembayaran Cash On Delivery. Voteknika, 4(1), 45–52.
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/118076
[5] Algantara, F. D., & Aji, A. S. (2024). Application of augmented reality technology in Android-based creative and interactive learning simulation. Journal of Scientific, Research, Education, and Technology (JSRET), 3(4), 1808–1815.
https://jsret.knpub.com/index.php/jrest/article/download/596/446
[6] Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2020). Software Engineering: A Practitioner's Approach (9th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
[7] Weichbroth, P. (2020). User experience design and mobile applications. Journal of Computer Sciences and Applications, 8(1), 1–5.
[8] Hermawan, L. H., & Maruf, K. (2020). Mobile Aplikasi Berbasis Android untuk Sistem Usulan Publik Operasional dan Pemeliharaan Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi, 14(1), 64–70.
[9] Adani, A. (2022). Analisis User Experience terhadap User Interface Website dengan Design Thinking (Studi Kasus: Asuransi Online Superyou.co.id). Jurnal Magenta, 6(2), 975–982.
[10] Budiarta, I. G. M., & Sila, I. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi CorelDRAW sebagai Media Pembelajaran pada Kuliah Desain Komunikasi Visual Prodi Pendidikan Seni Rupa Undiksha. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 12(2), 115–128.