Implementasi Media Power Point Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Huda, Banuayu, Bp Pelung

Authors

  • Imam Rodin Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/gbsmbz61

Keywords:

Al-Qur’an Hadits, media, power point

Abstract

Al-Qur’an Hadits adalah salah satu bidang ilmu yang diajarkan di MIS Nurul Huda Banuayu BP Peliung OKU Timur, dengan fokus pada norma dan kepercayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, dampak, dan tantangan penggunaan media PowerPoint dalam pengajaran Al-Qur’an Hadits kepada siswa kelas 5. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PowerPoint melibatkan beberapa tahapan, termasuk persiapan dan pelaksanaan, yang dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang sesuai. Penggunaan PowerPoint memiliki dampak positif, membuat siswa lebih aktif, tidak mudah bosan, dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi. Namun, masih terdapat tantangan, seperti biaya tinggi untuk proyektor LCD serta kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan teknologi tersebut.

References

Afifulloh, M. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12–32. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2737

Badan Litbang Dan Diklat Departemen Kementrian Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Lanjnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Dr. Umar Sidiq, M. A., & Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Hamzah, P., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM (Cetakan Pe).

Harlow, H. F. (1962). Fundamental principles for preparing psychology journal articles. Journal of Comparative and Physiological Psychology, 55(6), 893–896. https://doi.org/10.1037/h0043204

Masri. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab Berbasis Media (Powerpoint). Nur El-Islam, 3(2), 83–103.

Ramli, M. (2012). Media Dan Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press.

Sugiono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January). CV Saba Jaya Publisher.

Suryadi, A. (2020). Teknologi Dan Media Pembelajaran Jilid 1. CV Jejak. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/vzkx3

Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. LN RI No. 78 Tahun 2003. TLN RI Nomor 4301. (n.d.).

Irawan, R. (2022). Konsep Media dan Teknologi Pembelajaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mujahadah, A., Sa’dullah, A., & Dina, L., B., (2019). Nilai- nilai Pendidikan Akhlaq dalam Kitab Qomi’ Al-Thughyan. Vicratina : Jurnal Pendidikan Islam, 94.

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Implementasi Media Power Point Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Huda, Banuayu, Bp Pelung. (2025). JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 7(1), 68-76. https://doi.org/10.30599/gbsmbz61