Penggunaan Media Wordwall dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • SRI ENGGAR KENCANA DEWI Universitas Nurul Huda
  • Tri Ratna DEWI Universitas Nurul Huda
  • Ratih Purnama Pertiwi Universitas Nurul Huda
  • resti septikasari Universitas Nurul Huda
  • Yesi Febriaani Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/zq1rvw53

Keywords:

Wordwal Media, Tematic Learning, Learning Motivation, Media Wordwall, Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar

Abstract

Abstract

This research examines the use of learning media, where wordwall media can motivate and increase students' enthusiasm for learning. The aim of this research is to determine the use of wordwall media in Class II thematic learning at SD Negeri 2 Riang Bandung. This research uses a qualitative approach. Meanwhile, the data collection techniques used were interviews and observation. Interviews aim to obtain data in the form of information regarding the application of word wall media, while observation aims to observe and see how word wall media is applied in the learning process. From these results, it shows that there are changes in students' cognitive, affective and psychomotor aspects after using wordwall media. These changes are shown from student activities and the results of observations that have been made, namely by asking a number of questions about things that are not yet understood. So, the use of wordwall media can increase students' learning motivation in Class II thematic learning at SD Negeri 2 Riang Bandung. Keywords: Wordwal Media, Tematic Learning, Learning Motivation

 

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan media pembelajaran yang mana dengan adanya media wordwall dapat memotivasi dan meningkatkan semangat belajar siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan media wordwall pada pembelajaran tematik Kelas II SD Negeri 2 Riang Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan observasi. Wawancara bertujuan untuk memperoleh data berupa informasi mengenai penerapan media kata dinding, sedangkan observasi bertujuan untuk mengamati dan melihat bagaimana penerapan media kata dinding pada proses pembelajaran. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa terdapat perubahan pada diri siswa dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa setelah menggunakan media wordwall. Perubahan tersebut ditunjukkan dari aktivitas siswa dan hasil observasi yang telah dilakukan yakni dengan memberikan sejumlah pertanyaan tentang hal-hal yang belum dipahami. Jadi, penggunaan media wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas II SD Negeri 2 Riang Bandung.
Kata Kunci: Media Wordwall, Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar

References

Aidah, N., & Nurafni. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV Di SDN Ciracas 05 Pagi. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2), 161–174.

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2).

Andeka, W., Darniyanti, Y., Pd, M., & Saputra, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 04 Sitiung. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling, 193–205.

Bachry, H., Yuwono, J., & Tanjung Utami, Y. (2018). Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung (Studi Single Subject Research Pada Siswa Tunarungu Kelas III Di SKh Negeri 02 Kota Serang Banten ). Jurnal UNIK Pendidikan Luar BIasa. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK

Harsanti, D. W., & Lathifah, R. M. (2023). Pengaruh Penerapan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023.

Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2).

Lathifah, H. (2021). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di SMPN 1 Geger Madiun.

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Prasetyo, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Wordwall dalam Pembelajaran Interaktif Berbasis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 30-42

Putri, E., Setyaputri, N. Y., Nusantara, U., & Kediri, P. (2023). Teknik Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Revolusi Pendidikan Di ERa VUCA (Volatellity, Uncertainty, Complexity and Ambiguity), 432–441.

Rahmawati, A. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Studi Kasus Penggunaan Wordwall dalam Kelas Inklusif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 67-78

Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 Di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8885

Silvia, K. S., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36814

Suparman, R., & Hidayati, N. (2022). Penggunaan Media Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Interaktif, 10(2), 45-56

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Penggunaan Media Wordwall dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. (2025). JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 7(1), 38-43. https://doi.org/10.30599/zq1rvw53