Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mewujudkan Pembelajaran Matematika Yang Efektif Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30599/dh149449Keywords:
Independent Curriculum, Project Based Learning, Mathematics, Kurikulum Merdeka, Proyek Pembelajaran, MatematikaAbstract
Abstract
The Merdeka Curriculum represents an evolution of the 2013 Curriculum, focusing on designing learning activities as a process for acquiring knowledge and experience through active student involvement. This approach requires teachers to adjust their teaching strategies to align with the principles of the Merdeka Curriculum, where the teacher's role shifts to that of a facilitator, and students are encouraged to take an active role in their learning journey. This study explores the implementation of the Merdeka Curriculum using the Project-Based Learning (PJBL) model in mathematics instruction at SDTQ Al Ihsan Blimbing. The research adopts a qualitative descriptive method with a case study approach, gathering data through interviews and observations. Participants include the school principal and the grade 4 teacher at SDTQ Al Ihsan Blimbing. Data analysis is conducted through the processes of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings indicate that the Merdeka Curriculum with the PJBL model has been applied only in grades one and four. The implementation of PJBL in mathematics teaching involves stages such as planning and execution, which promote active student participation and create learning experiences that are effective, engaging, and enjoyable.
Keywords: Independent Curriculum, Project Based Learning, Mathematics
Abstrak
Kurikulum merdeka merupakan pengembangan dari kurikulum 2013 yang berfokus pada perencanaan kegiatan belajar bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui kegiatan di mana mereka berpartisipasi secara aktif. Diharapkan perubahan kurikulum ini akan memungkinkan guru untuk menyesuaikan model pembelajarannya dengan prinsip kurikulum independen. Guru berperan sebagai pembimbing atau mediator dan siswa menjadi peserta aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi kurikulum merdeka dengan model Project Based Learning (PJBL) pada kelas matematika di SDTQ Al Ihsan Blimbing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metodologi studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap partisipan penelitian, kepala sekolah dan guru kelas IV SDTQ Al Ihsan Blimbing. Proses analisis data dilakukan dengan tahapan meliputi pengurangan data, pengorganisasian data untuk disajikan, dan penarikan kesimpulan.. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan kurikulum merdeka melalui model PJBL hanya diterapkan di kelas satu dan empat. Penerapan PJBL dalam pembelajaran matematika melibatkan tahap perencanaan dan pelaksanaan dengan partisipasi aktif siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif, menyenangkan dan menarik.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Proyek Pembelajaran, Matematika
References
Amanullah, A.S.R., Syarifah, S.N., & Rachma, Z.S. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah mandiri PAUD. Jurnal Almurtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 01–09.
Badrutaman, CA (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika perkalian bilangan bulat berbantuan komputer untuk siswa Kelas IV SD/MI. EL Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 97–110.
Bistari, B. (2018). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Pembelajaran dan Penelitian Sains (Volume 1, Edisi 2, hal. 13). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082
Dekan Fetra (2023). Kurikulum Independen dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953
Ginanjar, H., Septiana, T., Ginanjar, D., Agustin, S., PPKn Kajian, P., & PGRI Sukabumi, S. (2021). Keberhasilan implementasi pembelajaran berbasis proyek: Faktor kunci dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 5542–5548.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A.D., Riyanda, A.R., & Adi, N.H. (2022). Relevansi mata kuliah belajar mandiri dalam era perkembangan Society 5.0 dan model pembelajaran abad 21. Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Muniati, E. (2021). Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1-18.
Rati, NW, Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Dampak Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pendidikan IPA Dasar Pgsd Undiksha Upp Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Rizziali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Misionaris, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi hukum gravitasi Newton dalam konteks MAS Jabal Nur. Jurnal Fisika Pendidikan dan Fisika Terapan, 3(3), 24. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14546
Yusika, I. dan Turdjai, T. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17-25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dwi Rosyidatul Rosyidatul, Allinda Hamidah, Choerul Anwar Badrut Tamam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.