Edpuzzle: Transformasi Pembelajaran SKI Berbasis Video di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten OKU Timur
DOI:
https://doi.org/10.30599/mem4xg88Keywords:
Learning transformation,, Learning media Edpuzzle, , SKI, , Pre-Experimental Design, , Interactive video, Transformasi Pembelajaran; , Media Pembelajaran Edpuzzle, Pre-Experimental Design, Video InteraktifAbstract
Abstract
This study aims to examine the application of video-based Edpuzzle learning media in the transformation of Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) learning at Madrasah Ibtidaiyah in OKU Timur regency, using a Pre-Experimental Design method. The video-based Edpuzzle media allows students to learn interactively by adding quizzes or questions directly to the learning videos. This study uses a one-group pretest-posttest experimental design, where students are given a pretest to measure their initial understanding, then exposed to the video-based Edpuzzle learning media, and concluded with a posttest to measure changes in understanding after the application of the media. The data obtained were analyzed using descriptive analysis and paired t-test to determine the impact of the Edpuzzle media on students' understanding in SKI learning. The results of the study indicate that the implementation of Edpuzzle learning media can improve students' understanding of SKI material, as shown by a significant difference between the pretest and posttest scores. Thus, video-based Edpuzzle media has been proven effective in supporting the transformation of SKI learning at Madrasah Ibtidaiyah in OKU Timur regency.
Keywords: Learning transformation, Learning media Edpuzzle, SKI, Pre-Experimental Design, Interactive video
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media pembelajaran Edpuzzle berbasis video dalam transformasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten OKU Timur dengan menggunakan metode Pre-Experimental Design. Media Edpuzzle yang berbasis video memungkinkan siswa untuk belajar secara interaktif dengan menambahkan kuis atau pertanyaan langsung pada video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen satu kelompok (one-group pretest-posttest design), di mana siswa diberikan pretest untuk mengukur pemahaman awal mereka, kemudian dipaparkan dengan media pembelajaran Edpuzzle berbasis video, dan diakhiri dengan posttest untuk mengukur perubahan pemahaman setelah penerapan media tersebut. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji t-paired untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media Edpuzzle terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran SKI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Edpuzzle dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi SKI, yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, media Edpuzzle berbasis video terbukti efektif dalam mendukung transformasi pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten OKU Timur.
Keywords: Transformasi Pembelajaran; Media Pembelajaran Edpuzzle; SKI; Pre-Experimental Design; Video Interaktif.
References
Bakla, A. (2017). Yabancı Dil Eğitiminde Etkileşimli Videolar: Takım Çantanızda Yeni Bir Alet. Mersin Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 124–124. https://doi.org/10.17860/mersinefd.305769
Hasan, Moch. S., & Mutakim, M. (2020). Manajemen Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs At-Taufiq Bogem Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 113–135. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v3i2.104
Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PLATFORM ANDROID PADA MATA PELAJARAN PPKN SMK. 1.
Melia, R., & Sumarni, S. (n.d.). PENGARUH PERMAINAN ESTAFET PUZZLE TERHADAP KERJA SAMA ANAK KELOMPOK A TK IT IZZUDDIN PALEMBANG.
Novita, A., & Bakar, M. Y. A. (n.d.). Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Sari, S. E. P., Chotimah, U., & Waty, E. R. K. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Edpuzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. 6(5).
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Zariyatus Sholikhah, M. Anang Solikhudin, M. Nur Hadi, Achmad Yusuf, & Ahmad Ma’ruf. (2024). Penerapan Media Video Interaktif Berbasis Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SDN Kejapanan 4 Pasuruan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.2662
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ahmad ulin niam, Pingki Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.