Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Di SDN 062/IV Kota Jambi

Authors

  • lindaagustian1922 Universitas jambi
  • Indriyani Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30599/z77n8a22

Keywords:

projek based learning , hasil belajar , matematika, Learning Outcomes, Mathematics

Abstract

Abstrack
Mathematics plays a crucial role in fostering students' critical thinking, communication skills, and problem-solving abilities for both everyday and professional challenges. It also supports scientific and technological advancements that rely on mathematical applications. This study aimed to evaluate the improvement of mathematics learning outcomes for Grade II students on the topic of flat shapes using the Project-Based Learning (PBL) model. Conducted as classroom action research, the study involved two cycles, each consisting of two meetings. Data collection methods included observations and tests, with data analysis focusing on individual and collective mastery. The findings showed that applying the PBL model effectively enhanced students’ learning outcomes at SD Negeri 62/IV Jambi City in the 2024/2025 academic year. The average score increased from 70.06 in the first cycle to 76.6 in the second, surpassing the individual KKM threshold (≥ 70). With an improvement from 53.3% in the first cycle to 76.6% in the second, the research successfully met the class KKM target, demonstrating a 6% increase overall.
Keywords: Project Based Learning, Learning Outcomes, Mathematics

Abstrak
Matematika memainkan peran penting dalam mengembangkan pemikiran kritis siswa, keterampilan komunikasi, dan kemampuan pemecahan masalah baik untuk tantangan sehari-hari maupun profesional. Ini juga mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengandalkan aplikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II pada topik bangun datar dengan menggunakan model Project-Based Learning. Dilaksanakan sebagai penelitian tindakan kelas, penelitian ini melibatkan dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan tes, dengan analisis data berfokus pada penguasaan individu dan kolektif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 62/IV Kota Jambi pada tahun ajaran 2024/2025. Nilai rata-rata meningkat dari 70,06 pada siklus I menjadi 76,6 pada siklus II, melampaui ambang batas KKM individu (≥ 70). Dengan peningkatan dari 53,3% pada siklus I menjadi 76,6% pada siklus kedua, penelitian ini berhasil memenuhi target KKM kelas, menunjukkan peningkatan sebesar 6% secara keseluruhan.
Keywords: Projek Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

References

Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., Hardinata, V., Lestari, Y. D., & Kelas, P. T. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas pada guru smp. 2(2), 7–17.

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Matematika Realistik. 6(1), 31–41.

Komariyah, S., Fatmala, A., Laili, N., Studi, P., & Matematika, P. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. 4(2), 55–60.

Lengkana, A. S., Sofa, N. S. N., & Artikel, I. (2017). Jurnal Olahraga. 3(1).

Santoso, E., & Dwi, M. (2021). Teori Behaviour ( E . Throndike ) dalam Pembelajaran Matematika. 4, 174–178.

Tambunan, L. O., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. 07(4), 1029–1038.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Di SDN 062/IV Kota Jambi. (2025). JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 7(1), 1-9. https://doi.org/10.30599/z77n8a22