Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di SDN 8 Kwandang

Authors

  • Moh. Kamal PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Mujahid Damopolii IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Rinaldi Datunsolang IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30599/vj5tsd54

Keywords:

Local wisdom, arts and culture learning, contextual teaching and learning, Kearifan lokal, pembelajaran seni budaya

Abstract

 

Abstract

This study investigates how local wisdom values are incorporated into teaching practices through the Contextual Teaching and Learning (CTL) framework at SDN 8 Kwandang Elementary School. Using a qualitative descriptive methodology, the research gathered data through direct observations, in-depth interviews, and comprehensive documentation. The study focused on examining interactions between educators and pupils at the school. A thematic analytical approach was employed to uncover key patterns and extract meaningful insights from the collected information. The findings reveal several successful initiatives to embed local heritage into learning activities, particularly through hands-on experience with traditional culinary arts like binthe biluhuta preparation and encouraging the use of indigenous languages during class discussions. The implementation of CTL strategies proved effective in fostering deeper student engagement and cultural understanding, as learners actively connected classroom concepts with their daily experiences. This research demonstrates that combining CTL methods with local wisdom enriches cultural education, reinforces students' connection to their heritage, and cultivates a greater appreciation for regional traditions.

Keywords: Local wisdom, arts and culture learning, contextual teaching and learning

Abstrak

Studi ini mengeksplorasi penerapan nilai kearifan lokal serta pemaduannya dengan metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran seni budaya di SDN 8 Kwandang. Metodologi yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif, dengan pengambilan data meliputi pengamatan langsung di lapangan, dialog mendalam dengan narasumber, serta telaah dokumen terkait. Partisipan penelitian mencakup tenaga pengajar dan peserta didik SDN 8 Kwandang. Proses analisis mengadopsi pendekatan tematik untuk menemukan pola-pola bermakna dari informasi yang terhimpun. Temuan penelitian mengungkap adanya berbagai inisiatif pelestarian kearifan lokal, khususnya melalui pembelajaran kuliner tradisional seperti binthe biluhuta dan pemanfaatan bahasa setempat dalam komunikasi pembelajaran. Implementasi strategi CTL terbukti efektif mendorong keterlibatan peserta didik dalam menghayati nilai-nilai budaya, dengan menghadirkan pengalaman belajar aktif yang terhubung dengan konteks kehidupan mereka. Studi ini memperlihatkan bahwa perpaduan metode CTL dengan kearifan lokal berhasil memperluas wawasan budaya peserta didik, mempertegas jati diri kultural mereka, serta menumbuhkan penghargaan lebih tinggi terhadap warisan budaya daerah.

Kata Kunci: Kearifan lokal, pembelajaran seni budaya, contextual teaching and learning

References

Andarusni, Al-fansyur., & Mariyani, M. Seni. (2020). Mengelola data: Penerapam Tringulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah,1. no,2, h. 146-150.

Ahmad, Ahmad, and Muslimah Muslimah. (2021) "Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif." Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies PINCIS. 1. No. 1. h. 173-186.

Chusnul, Rofiah,. (2022). Analisis Data Kualitatif: Manual Atau Dengan Aplikasi. Develop,6, no 1. h. 33-46.

Fahrieyah, L. (2024). Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Multidisipin. no 2:.h.95-103.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifanlokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). No 1: h.68-77.

Fidhea Aisara, Nursaptini, Arif Widodo. (2020). Melestarikan kembali budaya lokal melalui kegiatan ekstrakulikuler untuk anak usia sekolah dasar.Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial,no 2: h. 149-166.

Idris, Inka Indria. (2022). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di SMPIT Al-Fityan School Gowa. Jakarta: Media Center.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di SDN 8 Kwandang. (2025). JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 7(1), 59-67. https://doi.org/10.30599/vj5tsd54