Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Tema Indahnya Kebersamaan Dengan Memanfaatkan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.30599/qdqrdw98Keywords:
Learning Outcomes, PPKN, Audio Visual Media, Hasil Belajar, Media Audio VisualAbstract
Abstract
This study aimed to optimize student learning outcomes in the subject of PPKN (Pancasila and Civics Education) by utilizing video-based audio-visual media. This classroom action research sought to enhance the quality of learning. The study involved 38 students from class IV B at SDN 9 Limboto. Data was gathered through observation and testing, and subsequently analyzed using descriptive statistics. After conducting the classroom action research, which included planning, implementation, observation, and reflection stages, it was concluded that integrating audio-visual media in PPKN instruction successfully improved the learning outcomes of fourth-grade students at SDN 9 Limboto. The study progressed through three stages: pre-cycle, cycle I, and cycle II. Initially, student learning outcomes did not meet the predetermined criteria, as evidenced by an average test score of 60.83 with a 38.8% success rate. During cycle I, the average score rose to 72.22 with a 55.5% success rate, while in cycle II, students attained an average score of 78.00 with an 83.3% success rate.
Keywords: Learning Outcomes, PPKN, Audio Visual Media
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) melalui pemanfaatan media audio-visual berbasis video. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Studi ini melibatkan 38 siswa dari kelas IV B di SDN 9 Limboto. Data diperoleh melalui observasi dan tes, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, disimpulkan bahwa integrasi media audio-visual dalam pembelajaran PPKN berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 9 Limboto. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap: pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Awalnya, hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan, yang tercermin dari nilai rata-rata tes sebesar 60,83 dengan tingkat keberhasilan 38,8%. Selama siklus I, nilai rata-rata mencapai 72,22 dengan tingkat keberhasilan 55,5%. Pada siklus II, siswa berhasil mencapai nilai rata-rata 78,00 dengan tingkat keberhasilan 83,3%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, PPKN, Media Audio Visual
References
Angely Noviana Ramadani, Kartika Chandra Kirana, Umi Astuti, Arita Marini. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora Vol.2 No.6.
Fajar Muttaqien. (2017). “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VOCABULARY SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X (Quasi Experiment: SMAN 8 GARUT)”, Jurnal Wawasan Ilmiah Vol. 8 No. 1.
Fathurrohman pupuh. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rafika Aditama.
Hery setiyawan. (2020). Pemanfaatan media audio visual Dan media gambar pada siswa kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 3 No 2.
H. Sujono AR. (2022). Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penidikan Islam dan Isu-isu Sosial. Vol. 20 No 1.
Yasrida Yanti Sihombing. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring pada Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia Vol.6, No. 2.
Wingkel, Wina Sanjaya, Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2018). jurnal teknologi dan pembelajaran Vol.2, No.2.
Kunandar. (2019). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurvala Vala, Jhems Richard Hasan, Aris Iskandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.