Analisis Materi Ajar Bahasa Arab Berbasis Konten Moderasi Beragama di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.30599/wn54me70Keywords:
Arabic Language Materials, Religious ModerationAbstract
Abstrack
This study aims to analyze the Arabic language teaching materials in Madrasah Ibtidaiyah (MI) with a focus on the integration of religious moderation values, such as balance, tolerance, and inclusivity, to prevent extremism. Using a descriptive qualitative approach, data was collected through content analysis, interviews, observations, and literature studies. The findings indicate that the Arabic teaching materials in MI cover basic linguistic aspects but do not fully integrate religious moderation values. Additionally, educational technology has not been optimally utilized to support the application of these values. The study recommends developing teaching materials that align with religious moderation principles, training teachers to integrate these values, and utilizing technology in teaching. These steps are expected to support the development of students' moderate, tolerant, and inclusive character.
Keywords: Arabic Language Materials, Religious Moderation
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis materi ajar Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan fokus pada integrasi nilai-nilai moderasi beragama, seperti keseimbangan, toleransi, dan inklusivitas, untuk mencegah ekstremisme. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui analisis konten, wawancara, observasi, dan studi literatur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar Bahasa Arab di MI mencakup aspek linguistik dasar, tetapi belum sepenuhnya mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama. Selain itu, teknologi pembelajaran belum dimanfaatkan optimal untuk mendukung penerapan nilai-nilai tersebut.Penelitian merekomendasikan pengembangan materi ajar yang sesuai dengan prinsip moderasi beragama, pelatihan guru untuk integrasi nilai-nilai tersebut, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Langkah-langkah ini diharapkan dapat mendukung pembentukan karakter siswa yang moderat, toleran, dan inklusif.
Kata Kunci: Materi Bahasa Arab, Moderasi Beragama
References
Abdullah, Amin. (1995). Studi Agama: Normativitas atau Historisitas? Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abuddin Nata. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Aisyah, S. (2017). "Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran di Sekolah Islam." Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 120-135.
Ali, Jauhar. (2020). Buku Bahasa Arab Kelas 4, 5, dan 6. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.
Direktorat KSKK Madrasah. (2020). Panduan Penyusunan RPP Berbasis Moderasi Beragama. Jakarta: Kemenag RI.
Hasan, A. (2021). "Integrasi Nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Islam di Era Digital." Journal of Islamic Studies, 8(2), 100-115.
Hidayatullah, M. (2020). "Pendidikan Bahasa Arab dan Penguatan Moderasi Beragama." Arabiyya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 14(1), 45-57.
Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Balitbang Kemenag RI.
Kementerian Agama RI. (2021). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam: Panduan Implementasi. Jakarta: Kemenag RI.
Mahfud, C. (2021). "Konsep Moderasi Islam dalam Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia." Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 7(1), 1-10.
Nasution, Harun. (1986). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspek. Jakarta: UI Press.
Nurhayati, S. (2020). "Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar." Disertasi, Universitas Negeri Malang.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran.
Rahman, A. (2018). "Analisis Buku Ajar Bahasa Arab pada Madrasah Aliyah dengan Perspektif Moderasi Beragama." Tesis, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Rosyid, A. (2019). "Strategi Penguatan Moderasi Beragama melalui Pendidikan." Jurnal Studi Islam, 12(3), 78-92.
Sari, N., & Wahid, A. (2021). "Penguatan Moderasi Beragama melalui Buku Ajar di Sekolah Islam." Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 6(1), 35-50.
Suparlan, Parsudi. (2002). Menuju Masyarakat Indonesia yang Inklusif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suyadi, & Fauzan, F. (2020). "Implementasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan Islam." Journal of Islamic Education, 10(1), 45-59.
Wahyudi, F. (2019). Moderasi Beragama: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Zuhdi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam di Indonesia: Antara Konservatisme dan Liberalisme. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muslih Qomarudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.