Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar

Authors

  • Dyah Pravitasari Universitas Nurul Huda
  • Resti Septikasari Universitas Nurul Huda
  • Ahmad Taufiq Yuliantoro Universitas Nurul Huda
  • Devi Rahmawati Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3213

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila,, Seni Budaya dan Prakarya,, Sekolah Dasar

Abstract

Abstrack

Study this aim forknow implementation Profile Pancasila students in the eyes study art culture and crafts (SBdP), in elementary schools, specifically at SDN 01 Gumawang. Approach used in study This namely qualitative with descriptive methods, data collection techniques using observation, interviews and documentation. The validity of the data uses a credibility test with triangulation techniques, both source triangulation and technical triangulation. Data analysis uses the Miles and Huberman model data analysis technique , namely data analysis in the form of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research indicate that the implementation of the Pancasila Student Profile in schools has been going well. This can be seen first, the importance of the Pancasila Student Profile in form The character of students is very significant, because covers aspects of faith, devotion to God Almighty and noble character, global diversity, mutual cooperation, independence, critical reasoning and creativity. These dimensions really support the development of students at this time in the field of education which continues to develop. Second, reflective activities values Profile Pancasila students in SBdP subjects has walk with effective in accordance with indicator Profile Pancasila students. For support creativity participant educate, school has provide a number of available facilities utilized as well as followed by participants his education.

Keywords: Pancasila Student Profile, Cultural arts, Elementary school

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaan seni budaya dan prakarya (SBdP), di sekolah dasar tepatnya di SDN 01 Gumawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi, baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman, yaitu analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila disekolah sudah berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat pertama, pentingnya Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik sangat signifikan, karena meliputi aspek Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan YME dan berakhlaq mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif. Dimensi tersebut sangat menunjang perkembangan peserta didik pada saat ini dalam bidang pendidikan yang terus berkembang. Kedua, kegiatan-kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam mata Pelajaran SBdP telah berjalan dengan efektif sesuai dengan indikator Profil Pelajar Pancasila. Untuk mendukung kreativitas peserta didik, sekolah telah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan serta diikuti oleh peserta didiknya.

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Seni Budaya dan Prakarya, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.

Ibrahim, S. M., Suhaya, & Rizal, S. (2022). Proses Pembelajaran Seni Tradisional Calung di Sanggarpanghegar Manah Kabupaten Pandeglang. 1(1), 87–97.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Iryanto, N. D. (2022). Meta Analisis Nilai Moral dan Sosial Pada Kesenian Barongan Sebagai Media Literasi Budaya untuk Mewujudkan Generasi Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Semdikjar 5, 1099–1116.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Jelantik, I. G. L. (2017). Membangun Karakter Berbasis Pendidikan Seni Budaya di Sekolah. In Mudra Jurnal Seni Budaya (Vol. 31, Issue 2). https://doi.org/10.31091/mudra.v31i2.29

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pacsasarjana Universitas PGRI Palembang. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116

Kurniasih, N., & Wakhudin, W. (2023). Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Seni dan Budaya di Sekolah Dasar. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 80–90. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.1062

Pradana, R. W. B. (2018). Menumbuhkan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran Seni Budaya. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 95–104. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1384

RAHAYUNINGSIH, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Sandi, N. V. (2020). Proses Belajar Siswa Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.37729/jpd

Suhardi. (2022). Analisis penerapan pendidikan agama Islam dalam demensi profil Pancasila. Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 468–476. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS

Syamsuddin, S. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Seni Budaya Di Man 1 Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i1.20

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Pravitasari, D., Septikasari, R., Taufiq Yuliantoro, A., & Rahmawati, D. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 34–45. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3213
Abstract Views: 135 | File Views: 230