Kajian Outdoor Learning Proses dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Pustaka

Authors

  • Ichsanuddin Abimanyu Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Haifa Narulita Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Lutfi Lutfiah Dwi Purwani Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3197

Keywords:

Outdoor Learning, , Pembelajaran, , Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Abstract
Outdoor learning is a learning method that can be used by teachers to encourage students' learning abilities and encourage their motivation to be able to relate the ideas presented in books to the outside world of reality. Learning outside the classroom not only transfers the teaching and learning process outside the classroom, but allows students to mingle with the natural surroundings and observe various objects in their environment, thereby achieving student understanding. This study uses the literature study method. The data obtained was obtained from a survey of several scientific articles, proceedings, and from various other relevant sources related to this discussion. The aim of this study is to find out how outdoor learning methods influence elementary school students' learning. Outdoor learning turns out to be quite effective in improving the quality of learning. Students who carry out learning using the Outdoor Learning method have quite a big influence on being motivated to learn and improving learning outcomes. It is certain that when students learn more, their enthusiasm for doing so will grow if they use outdoor learning methods.
Keywords: Outdoor Learning, Learning, Elementary School Student

Abstrak
Outdoor learning ialah metode pembelajaran yang bisa digunakan para guru dalam rangka mendorong kemampuan belajar siswa dan mendorong motivasi mereka agar dapat mengaitkan ide yang disajikan dalam buku dengan dunia luar realitas. Pembelajaran di luar kelas bukan hanya mengalihkan proses belajar mengajar ke luar kelas, akan tetapi membiarkan para siswa untuk berbaur dengan alam sekitar dan mengamati berbagai objek di lingkungannya, sehingga tercapainya pemahaman siswa. Kajian ini menggunakan metode studi pustaka. Data yang diperoleh didapatkan dari survei beberapa artikel ilmiah, prosiding, dan dari berbagai sumber lainnya yang relevan terkait dengan pembahasan ini. Tujuan dari kajian ini ialah mengetahui metode outdoor learning berpengaruh bagi pembelajaran siswa SD. Outdoor learning ternyata cukup efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode Outdoor Learning berpengaruh cukup besar untuk termotivasi dalam belajar dan peningkatan hasil dalam pembelajaran. Sudah pasti ketika siswa belajar lebih banyak, semangat mereka dalam melakukannya akan tumbuh jika memakai metode outdoor learning.
Keyword: Outdoor Learning, Pembelajaran, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, A. R., & Noorhapizah. (2019). Penerapan strategi outdoor learning untuk mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Ps2Dmp Ulm, 5(2), 1–14. https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/777

Ali, I. (2021). Pembelajaran kooperatif dalam pengajaran pendidikan agama islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam pembelajaran bahasa arab. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) berbentuk jelajah lingkungan dan motivasi terhadap hasil belajar biologi siswa. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajaran, 15, 110–120.

Cooper, A. (2015). Nature and the outdoor learning environment: the forgotten resource in early childhood education. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 3(1), 85–97. https://eric.ed.gov/?id=EJ1108430

Darmansyah, A., Muktadir, A., & Anggraini, D. (2021). Pengaruh penerapan metode outdoor learning dengan memanfaatkan barang bekas terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 179–189. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.2.179-189

Egok, A. S., Andeli, A. P., & Sofiarini, A. (2021). Penerapan model pembelajaran outdoor learning pada pembelajaran tematik siswa kelas V sd negeri tanjung beringin. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian |, 200–205. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/192%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/192/160

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan model pembelajaran blended learning dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tradisi lisan aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 401–410. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28913

Husamah, H. (2013). Pembelajaran luar kelas (outdoor learning). Research Report.

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan dasar guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Didaktis: Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1555/1275

Karmila. (2016). Pengaruh penerapan metode outdoor learning berbasis. 2(April), 26–32. https://www.neliti.com/publications/177080/pengaruh-penerapan-metode-outdoor-learning-berbasis-kelompok-terhadap-hasil-bela

Kurniawan, D. (2022). Pengaruh metode pembelajaran outdoor learning learning terhadap hasil belajar siswa di mts negeri 4 bulukumba. Jurnal Kependidikan Media, 11, 24–32. https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.7999

Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya secara terpadu Dilingkungan Keluarga, sekolah, Perguruan Tinggi.

Kustiaman, E. (2016). Penilaian proyek dalam pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta Dddik. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No 1, 14–30. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i1.2721

Maulidina, H. (2019). Penerapan metode outdoor learning untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV di sd negeri 1 way halim bandar lampung (Issue 2).

Meisin Sari, A. (2019). Efektivitas metode outdoor study dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV sdn 66 kota bengkulu. Skripsi Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, 34–41.

Mujahida, M., & Rus’an, R. (2019). Analisis perbandingan teacher centered dan learner centered. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331. https://doi.org/10.56488/scolae.v2i2.74

Mujayanti, M., Larasati, D., Idris, M. F., Sanyoto, M. T., & Aditya, T. G. (2021). Outdoor learning melalui reboisasi bagi siswa sekolah dasar desa purwahamba. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 83–88. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.539

Oktaviani, T., Sulistya Dewi, E. R., & . K. (2019). Penerapan pembelajaran aktif dengan metode permainan bingo untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Mimbar Ilmu, 24(1), 47. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409

Pratiwi, N., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2021). Kendala-kendala guru paud dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 32-32. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14730

Qoirunnisa, A. M. (2021). Penerapan media audio visual berbasis whatsapp pada pembelajaran bahasa arab aiswa mi. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(2), 89–96. https://doi.org/10.22515/jenius.v2i2.4148

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor learning terhadap literasi numerasi anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003

Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat teknologi dalam pendidikan. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.52166/talim.v5i1.2775

Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, D. D., Kinanti, D., Sartika, P. D., Pramesti, R. A., & Sani, R. (2023). Kajian outdoor learning process dalam pembelajaran biologi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 160–166. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1370

Setiawati, E., Wijayanti, P. S., Rianto, R., & Sukasih, S. (2023). Efektivitas pembelajaran outdoor learning process terhadap peningkatan kerja sama, motivasi belajar, dan hasil belajar ips siswa sekolah dasar. Jurnal Paedagogy, 10(1), 115. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6477

Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran kontekstual ipa melalui outdoor learning di sd alam ar-ridho semarang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 30. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.97

Taqwan, B. (2019). Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII smp negeri 05 seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524

Thomas, G. J., & Munge, B. (2017). Innovative outdoor fieldwork pedagogies in the higher education sector: Optimising the use of technology. Journal of Outdoor and Environmental Education, 20, 7–13. https://link.springer.com/article/10.1007/BF03400998

Waite, S. (2020). Teaching and learning outside the classroom: Personal values, alternative pedagogies and standards. In Outdoor learning research (pp. 8–25). Routledge. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9780429436451-3/teaching-learning-outside-classroom-sue-waite

Wekerle, C., & Kollar, I. (2022). Using technology to promote student learning? An analysis of pre- and in-service teachers’ lesson plans. Technology, Pedagogy and Education, 31(5), 597–614. https://doi.org/10.1080/1475939X.2022.2083669

Widiasworo, E. (2017). Strategi & metode mengajar siswa di luar kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Ichsanuddin Abimanyu, Narulita, H., & Dwi Purwani , L. L. (2024). Kajian Outdoor Learning Proses dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Pustaka. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 25–33. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3197
Abstract Views: 121 | File Views: 60