Pemahaman Generasi Milenial Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Ajaran Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia: Studi Kasus pada Tingkat Dasar.

Authors

  • Muslih Qomarudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Bumi Agung, Way Kanan, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3158

Keywords:

Generasi Milenial, Madrasah Ibtidaiyah, Ajaran Islam, Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Abstract
This research aims to delve into the understanding of millennial generation at Madrasah Ibtidaiyah (MI) regarding Islamic teachings in the context of the Industry 4.0 Revolution in Indonesia, with a focus on the elementary level. The problem formulation encompasses three key aspects: the understanding of MI millennial generation regarding Islamic teachings, factors influencing their understanding, and strategies to enhance comprehension in the context of the Industry 4.0 Revolution. This study employs a qualitative approach. The understanding of MI millennial generation regarding Islamic teachings in the era of Industry 4.0 in Indonesia at the elementary level, with a case study at MI Roudhotu Tolibin Bumi Agung Way Kanan, reveals several crucial findings. These include imagination and creativity involving religious values, simple moral understanding, familiarity with worship rituals, recognition of the stories of prophets and messengers, participation in religious activities, curiosity, role-playing, and symbolism. However, important concepts are not fully understood. Factors influencing the understanding of MI millennial generation towards Islamic teachings involve complex dynamics among education and teaching, family influence, madrasah environment, social interaction, media and technology, and personal factors. Strategies to enhance understanding include interactive teaching, utilization of media and technology, practical activities, contextual learning, religious activities, and parental involvement.
Keyword: Millennial Generation, Madrasah Ibtidaiyah, Islamic Teachings, and the Era of Industrial Revolution 4.0

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman generasi milenial Madrasah Ibtidaiyah (MI) terhadap ajaran Islam dalam konteks era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia, dengan fokus pada tingkat dasar. Rumusan masalah mencakup tiga aspek kunci: pemahaman generasi milenial MI terhadap ajaran Islam, faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mereka, dan strategi untuk meningkatkan pemahaman dalam konteks Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemahaman generasi milenial Madrasah Ibtidaiyah (MI) terhadap ajaran Islam dalam era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia pada tingkat dasar dengan studi kasus di MI Roudhotu Tolibin Bumi Agung Way kanan menunjukkan sejumlah temuan penting seperti Imajinasi dan kreatifitas melibatkan nilai-nilai agama, pemahaman moral sederhana, mengenal ritual ibadah, mengenali kisah nabi dan rasul, partisipasi dala mkegiatan keagamaan, rasa ingin tahu, bermain peran dan simbolisme. Sementara konsep-konsep yang penting belum sepenuhnya dipahami. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman generasi milenial MI terhadap ajaran Islam melibatkan dinamika kompleks antara Pendidikan dan pengajaran, pengaruh keluarga, lingkungan madrasah, interaksi social, media dan teknologi, serta factor pribadi. Strategi untuk Meningkatkan Pemahaman: Pengajaran interaktif, pemanfaatan media dan teknologi, aktivitas praktis, pembelajaran kontekstual, kegiatan keagamaan dan keterlibatan orang tua.
Kata Kunci: Generasi Milenial, Madrasah Ibtidaiyah, Ajaran Islam, dan Era Revolusi Industri 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, H., Bagus, H., & Ardiansyah, I. N. (2022). Sosialisasi Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak di Era Digital Madrasah Ibtidaiyah Gunung Bunder II, Pamijahan Jawa Barat. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/2690

Aprinawati, N., & Ahmad Sodikin, dan. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Era Milenial. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 7, Issue 2).

Choirul Muzaini, M., Rahma Sarita, M., & Santosa, S. (2023). Integrasi Keilmuan Islam Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Akhlak Generasi Emas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juni, 9(12), 279–291. https://doi.org/10.5281/zenodo.8078786

Hasanah; Z.B. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). https://eprints.uinsaizu.ac.id/118/4/fulltext.pdf

Hendri, P., Andriesgo, J., & Andrizal, D. (2019). Penerapan Metode Metafora Berbantu Media Gambar pada Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 013 Pulau Kalimanting. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 6, Issue 1).

Marlina, M. (2016). Penguatan Peran Ibu Dalam Pendidikan Anak. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 29–37.

Marwah Sholihah; Nurrohmatul Amaliyah. (2022). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905.

Nafi’isah, F., & Bahrodin, A. (2020). Penanaman Nilai-nilai Sopan Santun Terhadap Pengembangan Karakter Generasi Milenial Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/aladawat

Nuryadin, H. (2023). Peranan Program Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menghadapi Dampak Negatif Di Era Society 5.0 Terhadap Generasi Alpha Di Kecamatan Curup Utara. e-theses.iaincurup.ac.id

Olisna; Milhatun Zannah; Auliani Sukma; Ani Nur Aeni. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143.

Ramadhani, S. P., & Ritonga, R. (2019). Sosialisasi Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Di Era Digital Madrasah Ibtidayah Gunung Bunder Ii, Pamijahan Jawa Barat. www.trilogi.ac.id

Sri Nanik Handayani. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Keislaman Siswa Sekolah Dasar. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 3(2), 43–49.

Usaleha, A., Lestari, D. M., Sari, W., Marlina, D., Nurul, S., & Sukaraja, H. (2020). Isu-isu Pendidikan Islam di Madrasah. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 7, Issue 1).

Usriyah, L., & Suwignyo Prayogo, M. (2022). Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif di Lembaga Pendidikan Dasar Islam (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Garahan Jember). Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1678

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Muslih Qomarudin. (2024). Pemahaman Generasi Milenial Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Ajaran Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia: Studi Kasus pada Tingkat Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 10–16. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3158
Abstract Views: 70 | File Views: 79