Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui LKPD Berbasis Scientific Approach pada Kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan

Authors

  • Salsabila L Jannah IAIN Madura
  • Moh. Rizal Ansori Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Rony Harianto Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.2805

Keywords:

Kemampuan Proses Sains,, LKPD,, Scientific Approach

Abstract

Abstract

This research aims to improve students' science process skills using Scientific Approach-based LKPD in class V MI Islamiyah Ambat Pamekasan. Because based on the results of observations, show the students' lack of understanding of the lesson material presented, the learning method used is still monotonous, because it is only delivered through the lecture method. Lack of student involvement in learning, lack of use of LKPD so that students are not skilled in practicing the concepts learned and have not been able to develop their critical thinking skills, and several other obstacles. This research used PTK-type research with the research subjects being all 13 (thirteen) class V students at MI Islamiyah Ambat Pamekasan. In this research, 2 cycles were carried out. The data analysis technique used is qualitative and quantitative data analysis. This research shows an increase in student KPS in the five indicators of Observing, Asking, Reasoning, Trying, and Communicating. The average student KPS mastery during the pre-cycle was 47.2%, then increased to 58.2% in cycle I, and again there was an increase in the average student KPS mastery in cycle II to 85.6%. In the second cycle, the research was stopped because the success indicator had reached more than 75%. So it can be concluded that there has been an increase in student KPS using Scientific Approach-based LKPD in class V MI Islamiyah Ambat Pamekasan.

Keywords: Science Process Capability, LKPD, Scientific Approach

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan LKPD berbasis Scientific Approach di kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan. Karena berdasarkan hasil observasi menunjukkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan, metode pembelajaran yang digunakan masih monoton, sebab hanya disampaikan melalui metode ceramah. Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, kurangnya penggunaan LKPD sehingga siswa belum terampil dalam mempraktikkan konsep-konsep yang dipelajari dan belum dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya, serta beberapa kendala lainnya. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis PTK dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan sebanyak 13 (tiga belas) siswa. Dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan KPS siswa pada kelima indikator Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba, dan Mengkomunikasikan. Rata-rata penguasaan KPS siswa pada saat prasiklus adalah 47.2% kemudian meningkat menjadi 58.2% di siklus I dan kembali terjadi peningkatan rata-rata penguasaan KPS siswa di siklus II menjadi 85.6%. Pada siklus ke-II penelitian dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu mencapai lebih dari 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan KPS siswa menggunakan LKPD berbasis Scientific Approach di kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan.

Kata kunci: Kemampuan Proses Sains, LKPD, Scientific Approach

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, S., Annisa, M., Kusnaedi, D., Borneo Tarakan, U., & Kunci, K. (2018). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 045 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA , 8(1), 17.

Anggraini, R., Herlina, K., Dewa Putu Nyeneng FKIP Universitas Lampung, I., Soemantri Brojonegoro No, J., Kunci, K., Berpikir Kreatif Siswa, K., & Scientific PENDAHULUAN, P. (2018). Desain LKPD Berbasis Scientific Approach Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Suhu dan Perubahannya : Penelitian Pendahuluan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 3.

Asmaranti, W., & Sasmita Pratama, G. (2018). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia .

Azin T, & Nuranita A. (2017). Penerapan Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecerdasan Majemuk dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 3(1), 48.

Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, M. M., Nisa, R., Widyasanti, N. P., & Kusumawati, P. R. D. (2021). Teori Dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Gasila, Y., & Fadillah, S. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 18.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 169. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 32.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Qibtiyah, N., Suharsono, N., & Haris, I. A. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 2 Seririt. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha (Vol. 11, Nomor 1).

Rahayu, A. H., Anggraeni, P., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Sebelas, S., Sumedang, A., Program, ), & Guru, S. P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 5(2), 22–33.

Ritmayanti, Zainul A, & Imam S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Amrita Virtual Lab untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada Submateri Efek Doppler. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 06(03), 49–53.

Sinuraya, J., & Widianto, Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Berbantuan Program Algodoo pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 70. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.43907

Sunaryati, T., Luthfi, N., & Herianingtyas, R. (2021). Penerapan Scientific Approach Dalam Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 1(1), 74–75.

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Dalam Umbaryati (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015. Prisma. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473/10157

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). http://timssandpirls.bc.edu/data-release-

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

L Jannah, S., Ansori, M. R., & Harianto, R. H. (2024). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui LKPD Berbasis Scientific Approach pada Kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 1–9. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.2805
Abstract Views: 92 | File Views: 68