Motivasi Belajar Siswa Kelas V Dalam Mengikuti PTM Terbatas Pada Materi Bola Voli Di SD Negeri 02 Jatimulyo Tahun Pembelajaran 2021/2022

Authors

  • Rizky Dwi Pangestu Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Universitas pgri palembang
  • Endie Riyoko Universitas PGRI
  • Ratih Purnama Pertiwi Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Sri Enggar Kencana Dewi Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2711

Keywords:

motivasi belajar, siswa kelas V, pembelajaran bola voli

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan bahwa pelajaran bola voli kurang memotivasi siswa. Penelitian ini mengkaji keinginan siswa kelas V untuk belajar bola voli di SD Negeri 02 Jatimulyo Kabupaten OKU Timur tahun 2022. Teknik penelitian deskriptif kuantitatif yang digunakan adalah survei. Sebanyak 49 siswa dari kelas V SD Negeri 02 Jatimulyo berpartisipasi dalam penelitian ini dan dipilih dengan menggunakan metode total sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang ditunjukkan dengan persentase. Itu menggunakan tes kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 02 Jatimulyo termotivasi untuk belajar bola voli pada tingkat motivasi “sangat rendah” (2 siswa), tingkat motivasi “rendah” (16 siswa), tingkat motivasi “cukup” (12 siswa), tingkat motivasi “sangat tinggi” (20 siswa), dan tingkat motivasi “sangat tinggi” (7 siswa).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan teori dan praktik dalam pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2013). Dasar-dasar pengembangan kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, A., Pratama, R., & Hardiono, B. (2020). Peningkatan kemampuan gerak dasar atletik dengan menggunakan metode sirkuit pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16 (1), 92-100.

Lutan, R. (2000). Strategi pembelajaran penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mawarti, S. (2005). Tactical games approach dalam pembelajaran bola voli siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1).

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam memotivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5 (2), 216-232.

Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Setiaan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriundy, M. I. (2014). Evaluasi pengajaran (Edisi Revisi). Surabaya: Unesa University Press.

Sudijono, A. (2015). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaripah. (2016). Pengaruh persepsi pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa dalam bidang matematika di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016. Jurnal EduTech, 2(2).

Uno, H. B. (2011). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarni, S., & Lismadiana. (2020). Kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ditinjau dari usia dan jenis sekolah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16 (1), 101-114.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Dwi Pangestu, R., Imansyah , F., Riyoko , E., Purnama Pertiwi, R., & Enggar Kencana Dewi, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Kelas V Dalam Mengikuti PTM Terbatas Pada Materi Bola Voli Di SD Negeri 02 Jatimulyo Tahun Pembelajaran 2021/2022. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 64–70. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2711
Abstract Views: 146 | File Views: 119