Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 Di SDN 148 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2455Keywords:
Kemampuan Numerasi, Project Based Learning, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan numerasi pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran project based learning di SDN 148 Palembang karena berdasarkan hasil tes awal sebanyak 70% dari 30 peserta didik tingkat numerasi pada pembelajaran matematika berada pada kategori sangat rendah, hal ini sejalan dengan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran yang diimplementasikan di kelas masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, diskusi, dan penugasan serta belum adanya pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam membangkitkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK Kolaboratif dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 (dua) sebanyak 30 peserta didik. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru kelas II. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukkan peningkatan rata-rata hasil numerasi pembelajaran matematika peserta didik pada ketiga indikator numerasi yakni mampu menggunakan bermacam angka atau simbol yang kaitannya terdapat dalam matematika dasar pada proses menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari, mampu menganalisis penjelasan yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram, dan lain sebagainya), dan mampu menguraikan hasil dari analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Rata-rata hasil nilai numerasi matematika pada ketiga indikator tersebut pada pra siklus mencapai 30%, pada siklus I meningkat menjadi 60,6% dilanjutkan pada siklus II mencapai 87%. Pada siklus II hasil nilai numerasi matematika peserta didik telah memenuhi indikator kinerja penelitian yakni mencapai >75% sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Sehingga penelitian ini menunjukanbahwa terjadi peningkatan numerasi pada pembelajaran matematika mengguakan Model Project Based Learning di SDN 148 Palembang.
References
Alpusari, M., Mulyani, E. A., Hermita, N., & Putra, E. D. (2020). Improving Fourth Grade Students’ Critical Thinking Skills with MIKIR Approach. Journal of Teching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 3(2), 199. https://doi.org/10.33578/jtlee.v3i2.7850
Asriani, A., Pahriadi, P., & Sinta, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/EDUCATE.V6I1.3939
Dantes, Nyoman., Ni Nyoman Lisna Handayani. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blended Larning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121
Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 4(2), 44–62. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4551
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–415. https://doi.org/10.23887/JIPPG.V3I3.28081
Faridah, N. R., Nur Afifah, E., Lailiyah, S., & Sunan Ampel Surabaya, U. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I1.2030
Lamada, M., & Suhardi Rahman, E. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.26858/MEKOM.V6I1.12000
Nurul ’azizah, A., & Wardani, N. S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. 2(1), 194–204.
Pamungkas, H. D. (2022). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran IPA di SMP Melalui Metode Project Based Learning. Juirnal Peindidikan Dan Peimbeilajaran, 2(3), 89–96.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1302
Rasyimah, & Sari, D. K. (2022). Peningkatan Membaca Pemahaman Siswa pada Teks Deskripsi melalui Problem Based Learning : Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif pada Siswa SMP Negeri 3 Lhokseumawe. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.57251/SIN.V2I1.197
Simamora, M. I., & Simamora, Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Teams Games Tournament (TGT). PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 102–112. https://doi.org/10.33087/PHI.V4I2.106
Wahyu, E., Fathurohman, A., & Sardianto. (2016). Analisis Buikui Siswa Mata Peilajaran IPA Keilas VIII SMP/MTs Beirdasarkan Kateigori Liteirasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 2355–2371.https://www.academia.edu/88162744/ANALISIS_BUKU_SISWA_MATA_PELAJARAN_IPA_KELAS_VIII_SMP_MTs_BERDASARKAN_KATEGORI_LITERASI_SAINS
Warsono, H. (2013). Pembelajaran Aktif : Teori dan Asesmen. In Remaja RosdaKarya. https://library.unismuh.ac.id/opac/detail-opac?id=114

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 FARADITA DWI INDRIANI, APIT FATHUROHMAN, Nurlaila Nurlaila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.