Manajemen Lembaga Bimbingan Belajar “Cleona Course” Dalam Meingkatkan Prestasi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Resti Septikasari Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Tri Ratna Dewi Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Sugiarti Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Nor Kholidin
  • Zulaikha Wulandari Universitas Nurul Huda OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2255

Keywords:

Manajemen, Lembaga Bimbingan Belajar, Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat manajemen Lembaga bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil Penelitian ini adalah Langkah yang dilakukan pada Lembaga bimbingan belajar Cleona Course adalah sebagai berikut: 1) Pada tahap perencanaan yaitu menganalisis kondisi di Desa Margomulyo, menetapkan peserta yang akan mengikuti bimbingan belajar, menetapkan jenis kegiatan dan biaya, 2) Pada tahap pelaksanaan  yaitu dilakuan secara fleksibel meskipun terjadwal, 3) Pada tahap pengorganisasian yaitu memilih teknik mengajar yang tepat, memilih alat bantu belajar, memilih ukuran kelas yang tepat dan strategi yang tepat untuk mengajarkan aturan, prosedur, dan pelajaran yang kompleks, 4) Pada tahap pengawasan yaitu tutor meningkatkan keterampilan pedagogis, sosial, pribadi, dan professional, 5) Pada tahap evaluasi yaitu melalui observasi selama proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Depublish.

Ayuningrum, R. U. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PPKn pada Materi Norma Kesopanan melalui Metode Snowball Throwing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III . 118-124.

Kamaruddin, M. d. (2020). Peran Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam.

Khoir, E. R. (2011). Metode Bimbingan Belajar di Primagama(Studi Deskriptifdi Lembaga Bimbingan Belajar Primagama. Turats.

Maharani, J. d. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Belajar Berbasis WEB. Jurnal Informatika Mulawarman .

Rahman. (2020). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Romadhon, F. (n.d.). Model Pendidikan Non Formal Lembaga Bimbingan Belajar Mentari Ilmu 3 Kecamatan Sukun Kota Malan. Jurnal UIN Malang 2018.

Rosyid, M. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Rusmawati, S. d. (2019). Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Suchyadi, S. &. (2018). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tuna Netra Berprestasi Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar .

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wulandari. (2017). Menejemen Pembelajaran Pada Lembaga Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Jurnal UNESA.

Zulyanti, N. R. (2016). Persepsi Orang Tua Terhadap Lembaga Bimbingan Belajar di Sakinah Edu Center. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Septikasari, R., Tri Ratna Dewi, Sugiarti, Nor Kholidin, & Zulaikha Wulandari. (2023). Manajemen Lembaga Bimbingan Belajar “Cleona Course” Dalam Meingkatkan Prestasi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 83–89. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2255
Abstract Views: 100 | File Views: 280