Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah di MI Al Hidayah II Betak Kalidawir Tulungagung

Authors

  • Atha Arda Safira UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Muhammad Afthon Ulin Nuha UIN SATU Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2184

Keywords:

Peran Guru, Kesulitan Membaca, Siswa Kelas Rendah

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas tentang peran guru pada dunia pendidikan dimana peran guru sangat penting dalam pembelajaran. Peran guru memberikan dampak yang signifikan terhadap kesadaran tindakan dan perilaku siswa, seperti siswa dengan kesulitan membaca. Tujuannya adalah untuk membantu siswa mengatasi kesulitan membaca mereka. Membaca sangat penting dalam kehidupan, membaca adalah kunci bagi setiap siswa atau orang sepanjang hidup. Untuk meningkatkan kemampuan membaca atau minat baca siswa, orang tua harus bersedia menyediakan buku-buku berkualitas untuk dibaca di rumah. Untuk mengatasi kesulitan membaca siswa kelas rendah, khususnya di MI Al Hidayah II Betak Kalidawir, masalah harus dipecahkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data utamanya. Pengumpulan data, kompresi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan sebagai pendekatan analisis data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Raden, and Muhajir Ansori. 2016. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan.” Jurnal Pustaka: Mrtode Kajian Dan Pemikiran Islam 8.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, and Mifthahul Ulum. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: STAIN PO Press.

Mahdiansyah, Mahdiansyah, Malem Sendah Sembiring, Teguh Supriyadi, Ikhya Ulumudin, and Sisca Fujianita. 2017. “Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar Dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013.” Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud.

Muradi, Ahmad. 2016. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab: Dalam Perspektif Komunikatif. Prenada Media.

Nella Agustin, Dkk, A Mardati, H H Sukma, T Martaningsih, and I Maryani. 2021. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). UAD PRESS.

Nugrahani, Farida, and M Hum. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif.” Solo: Cakra Books 1 (1): 3–4.

Qomar, Muljamil. 2005. Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Erlangga.

Sabon, Simon Sili, Etty Sofyatiningrum, Nur Listiawati, and R Muktiono Waspodo. 2019. “Kondisi Rasa Aman Dan Motivasi Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pokoknya.” Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Siyoto, Sandu, and Muhammad Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyitno. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip Dan Operasionalnya. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Syaiful, Bahri. 2014. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Utami, Fadila Nawang. 2020. “Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 (1): 93–101.

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Mrdia Group.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Atha Arda Safira, & Ulin Nuha, M. A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah di MI Al Hidayah II Betak Kalidawir Tulungagung. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 48–55. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2184
Abstract Views: 436 | File Views: 398