Eksperimen Mandiri Siswa dalam Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi pada Materi Gerak Jatuh Bebas
DOI:
https://doi.org/10.30599/jti.v11i1.385Keywords:
Eksperimen Mandiri Siswa, percepatan jatuh benda, gerak jatuh bebasAbstract
Siswa selalu berpikir bahwa jumlah massa mempengaruhi percepatan jatuh benda vertikal. Melalui eksperimen mandiri yang dilakukan siswa kelas X, akan mengubah cara berpikir siswa dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah menentukan berapa waktu tempuh yang dimiliki dua benda yang mengalami gerak jatuh bebas dengan massa yang berbeda. Eksperimen menggunakan media gerak jatuh bebas yang terintegrasi oleh komputer/laptop. Eksperimen didampingi oleh guru, kemudian mereka menyimpulkan sendiri hasil dari analisis yang didapatkan. Hasil yang didapat siswa untuk kedua benda masing-masing adalah 0,4904 s dan 0,4828 s.
Downloads
References
Abdullah, S. (2005). Guru sebagai fasilitator. PTS Professional. PTS Professional. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Ca4noKpe95AC&oi=fnd&pg=PT12&dq=Guru+pula+bertindak+sebagai+fasilitator+dimana+pembelajaran+berpusatkan+murid+dilaksanakan+untuk+memberi+peluang+kepada+murid+mengemukakan+idea+mereka+melalui+aktiviti+yang+dijalan
Duran, B., & Bryan, K. (2005). Does mass affect the speed of a falling object? Retrieved November 19, 2018, from http://www.csun.edu/scied/4-discrpeant-event/how_fast_do_things_fall/index.htm
Ekici, E. (2016). “Why Do I Slog Through the Physics?”: Understanding high school students’ difficulties in learning physics. Journal of Education and Practice, 7(7), 95–107.
Elert, G. (2018). Free Fall – The Physics Hypertextbook. Retrieved November 19, 2018, from https://physics.info/falling/
Erwin, E., & Rustaman, N. Y. (2017). Understanding of Prospective Physics Teachers Students Toward Pedagogical Content Knowledge on Optical Geometry Materials. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012102
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). PERANAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624
Firdaus, T., Setiawan, W., & Hamidah, I. (2017). The Kinematic Learning Model using Video and Interfaces Analysis. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012108. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012108
Nuraeni, Fatmaryanti, S. D., & Ashari. (2012). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation ( GI ) di Kelas VIII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2011 / 2012. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 15–18. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/233
Nurdila, F. A., Astuti, I. A. D., Rochmaniyah, T., & Ishafit. (2012). Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi dengan Eksperimen Terkomputerisasi pada Benda Jatuh Bebas. In Seminar Nasional Quantum 2012 (pp. 71–75). Yogyakarta: Pendidikan Fisika UAD. Retrieved from https://irnien.files.wordpress.com/2016/09/penentuan-percepatan-gravitasi-bumi-irnin-agustina.pdf
Rohman, F., & Lusiyana, A. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Sebagai Asesmen Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Sosial Mahasiswa. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.115
Sugiyarto, S. (2009). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dalam Bidang Ekologi di Perguruan Tinggi Melalui Penerapan Praktikum Mandiri. Prosiding Seminar Biologi, 6(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1377
Sumarsono, J. (2008). Fisika: Untuk SMA/MA Kelas X. (D. Nuraini, Ed.). Jakarta: CV Teguh Karya.
Venkadasalam, V. P., & Ganea, P. A. (2018). Do objects of different weight fall at the same time? Updating naive beliefs about free-falling objects from fictional and informational books in young children. Journal of Cognition and Development, 19(2), 165–181. https://doi.org/10.1080/15248372.2018.1436058