Pembelajaran Fisika Berbasis Riset untuk Mengeksplorasi Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Fisika

Authors

  • Arini Rosa Sinensis Universitas Nurul Huda
  • Thoha Firdaus Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.3257

Keywords:

Pembelajaran Riset, Kreativitas, Seminar Fisika

Abstract

Pembelajaran berbasis riset membantu mahasiswa calon guru fisika mengembangkan keterampilan penelitian mereka dan juga melatih kreativitas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi kreativitas mahasiswa calon guru fisika melalui pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah seminar fisika. Metode yang digunakan adalah deksriptif kuantitatif dan teknik pengambilan data menggunakan instrumen lembar observasi kreativitas dan angket respon terhadap pembelajaran berbasis riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa rata rata pada katergori sangat baik yaitu sebesar 82,8%. Hasil ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis riset dapat mengeksplorasi kreativitas. Mahasiswa juga merespon baik pembelajaran dengan metode riset ini dengan persentase 100 % menyatakan setuju dengan pembelajaran berbasis riset. hal karena mereka merasa tertantang dan menarik bagi mahasiswa dan sebagai dasar belajar meneliti untuk bekal penyelesaian tugas akhir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ipanaqué-Zapata, M., Figueroa-Quiñones, J., Bazalar-Palacios, J., Arhuis-Inca, W., Quiñones-Negrete, M., & Villarreal-Zegarra, D. (2023). Research skills for university students’ thesis in E-learning: Scale development and validation in Peru. Heliyon, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13770

Khoiri, N. (2023). Pengaruh Perkuliahan Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Generik Sains Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(1), 113–118. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i1.14879

Kim, K. H. (2006). Can We Trust Creativity Tests? A Review of the Torrance Tests of Creative Thinking (TTCT). Creativity Research Journal, 18(1), 3–14. https://doi.org/10.1207/s15326934crj1801_2

Liang, Y., Kim, J., & Kitheka, B. M. (2023). Self-Assessment of Research Skills among Undergraduate Students: A Kinesiology Field Perspective. International Journal of Kinesiology in Higher Education, 7(3), 207–218. https://doi.org/10.1080/24711616.2022.2141157

Musa, L. A. D., & Hardianto. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Keterampilan Meneliti Mahasiswa. Tadrib, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i1.3786

Rahman, N., Nizaar, M., & Sabaryati, J. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dan Upaya Peningkatannya melalui Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 162–166. https://doi.org/10.31764

Supriyanto Manurung, A., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda, 5(2).

Syazali, M., & Ilhamdi, L. M. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah melalui Implementasi Pembelajaran Berbasis Riset pada Mata Kuliah Sains. Journal on Education, 05(03), 9609–9619.

Torrance, E. P. (1990). The Torrance tests of creative thinking norms technical manual figural (streamlined) forms A & B. Bensenville, IL. Bensenville, IL: Scholastic Testing Service, Inc.

Zahrawati, F., & Aras, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Riset dengan Memanfaatkan Google Classroom pada Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Iqra, 14(2), 143–154.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Sinensis, A. R., & Firdaus, T. (2024). Pembelajaran Fisika Berbasis Riset untuk Mengeksplorasi Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Fisika. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(1), 61–66. https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.3257
Abstract Views: 40 | File Views: 51