Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Di Era Digital: Studi Kasus Pengelolaan Kurikulum Pondok Pesantren Imam Asy Syafi'i (PPIA) Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.30599/sfhgek07Keywords:
Manajemen kurikulum, Pendidikan Islam, Digitalisasi, PesantrenAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Asy Syafi’i Banyuwangi dalam menghadapi tantangan era digital. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa pesantren tersebut berhasil mengembangkan sistem kurikulum yang secara efektif mengintegrasikan nilai-nilai tradisional Islam dengan adaptasi teknologi secara selektif. Proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di pesantren ini dilakukan melalui pendekatan partisipatif, melibatkan secara aktif pimpinan, guru, santri, dan wali santri. Digitalisasi diterapkan secara terbatas, terutama melalui sistem pelaporan digital dan pemanfaatan media edukatif seperti film, tanpa menggeser inti pendidikan karakter dan spiritual yang menjadi ciri khas pesantren. Model adaptasi ini menunjukkan adanya harmonisasi antara tradisi dan modernitas. Pesantren tidak sekadar mengadopsi teknologi secara membabi buta, melainkan secara sadar dan terkontrol menggunakannya sebagai alat untuk memperkuat tujuan pedagogis dan spiritual utamanya. Ini merupakan pilihan strategis untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan, bukan menggantikan, inti pendidikan yang berbasis nilai. Temuan ini menegaskan signifikansi manajemen kurikulum berbasis nilai dalam menjaga relevansi pendidikan Islam di tengah transformasi digital yang berlangsung pesat.
References
Arifin, M., & Zaini, H. (2022). The Role of Intellectual Humility (Tawadhu') in Shaping Leadership Character in Islamic Higher Education. Journal of Islamic Educational Studies, 7(2), 112–128.
Atlis, L. D. (2024). Urgensi Manajemen Perencanaan dalam Menetapkan Kurikulum Pendidikan yang Ideal. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam. http://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3592
Damayanti, D. P. (2023). Model Dukungan Holistik terhadap Pendidikan Anak di Pondok Pesantren. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2121–2128. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.556
Fahruddin, M. (2023). Pola pendidikan karakter religius melalui islamic boarding school di Indonesia. Pustaka Peradaban.
Faisal, F. N., Fajar, M. I. N., & Nurfauzi, R. (2024). Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah & Khalafi/Modern. Idaroqatuna: Journal of Islamic Education Management, 1(2). https://ejournal.stitqurrotaayun.ac.id/index.php/idaroqatuna
Fathurrohman, M. (2020). Psikologi Pendidikan Islam: Niat dan Keberkahan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jurnal Tarbawi, 15(1), 45–60.
Fatmawati, D., & Rifa’i, A. (2021). Kurikulum Pesantren Ideal di Era Digital. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3111
Hidayat, R., & Amalia, R. (2021). From Transactional to Transformational: Developing Prophetic Leadership through the 'Uswah Hasanah' Model in Pesantren. Contemporary Islamic Education Journal, 4(1), 88–103.
Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129
Kasmar, I. F., Amnda, V., Mutathahirin, M., Maulida, A., Sari, W. W., Kaputra, S., Anwar, F., Taufan, M., & Engkizar, E. (2019). The Concepts of Mudarris, Mu’allim, Murabbi, Mursyid, Muaddib in Islamic Education. Khalifa: Journal of Islamic Education, 3(2), 107. https://doi.org/10.24036/kjie.v3i2.26
Munir, M., & Su’ada, I. Z. (2024). Manajemen pendidikan Islam di era digital: Transformasi dan tantangan implementasi teknologi pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 5(1), 1–13.
Mutya, D. (2020). Pengertian, Fungsi, dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal UNP, 18029105, 1–3. https://osf.io/preprints/inarxiv/8v2bq
Nst, F. N., Aprilinda, D., & Budiman, A. P. (2021, Agustus). Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2.
Olifiansyah, M., Hidayat, W., Diaying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4 (01), 102.
Rahman, A., Ruswandi, U., & Alam, I. P. (2025). Strategi Pendidikan Islam dalam Merespon Globalisasi Pendidikan: Studi Empiris pada SMK Plus Al Hasanah Tasikmalaya. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 22(1).
Saputra, D. E., & Sirozi, M. (2025). Strategi Penguatan Daya Saing Pesantren di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 85–99.
Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & ... (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intelligences di Pondok Pesantren. Manajemen Pendidikan . http://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/143
Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61
Widodo, W. (2021). Manajemen Kurikulum Integrasi di Madrasah Tsnawiyah Negeri 2 Kota Malang. Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. https://www.academia.edu/download/96942415/478847044.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhuhaa Isti'anah, Sulistia Salsabiilaa, Suci Dwi Aprillia, Dzaky Mohammad Dzaky Zaidan, Anggi Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.