Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Di Era Digital: Studi Kasus Pengelolaan Kurikulum Pondok Pesantren Imam Asy Syafi'i (PPIA) Banyuwangi

Authors

  • Dhuhaa Isti'anah Universitas Negeri Jakarta
  • Sulistia Salsabiilaa Universitas Negeri Jakarta
  • Suci Dwi Aprillia Universitas Negeri Jakarta
  • Dzaky Mohammad Dzaky Zaidan Universitas Negeri Jakarta
  • Anggi Kurniawan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/sfhgek07

Keywords:

Manajemen kurikulum, Pendidikan Islam, Digitalisasi, Pesantren

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Asy Syafi’i Banyuwangi dalam menghadapi tantangan era digital. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa pesantren tersebut berhasil mengembangkan sistem kurikulum yang secara efektif mengintegrasikan nilai-nilai tradisional Islam dengan adaptasi teknologi secara selektif. Proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di pesantren ini dilakukan melalui pendekatan partisipatif, melibatkan secara aktif pimpinan, guru, santri, dan wali santri. Digitalisasi diterapkan secara terbatas, terutama melalui sistem pelaporan digital dan pemanfaatan media edukatif seperti film, tanpa menggeser inti pendidikan karakter dan spiritual yang menjadi ciri khas pesantren. Model adaptasi ini menunjukkan adanya harmonisasi antara tradisi dan modernitas. Pesantren tidak sekadar mengadopsi teknologi secara membabi buta, melainkan secara sadar dan terkontrol menggunakannya sebagai alat untuk memperkuat tujuan pedagogis dan spiritual utamanya. Ini merupakan pilihan strategis untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan, bukan menggantikan, inti pendidikan yang berbasis nilai. Temuan ini menegaskan signifikansi manajemen kurikulum berbasis nilai dalam menjaga relevansi pendidikan Islam di tengah transformasi digital yang berlangsung pesat.

References

Arifin, M., & Zaini, H. (2022). The Role of Intellectual Humility (Tawadhu') in Shaping Leadership Character in Islamic Higher Education. Journal of Islamic Educational Studies, 7(2), 112–128.

Atlis, L. D. (2024). Urgensi Manajemen Perencanaan dalam Menetapkan Kurikulum Pendidikan yang Ideal. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam. http://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/3592

Damayanti, D. P. (2023). Model Dukungan Holistik terhadap Pendidikan Anak di Pondok Pesantren. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2121–2128. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.556

Fahruddin, M. (2023). Pola pendidikan karakter religius melalui islamic boarding school di Indonesia. Pustaka Peradaban.

Faisal, F. N., Fajar, M. I. N., & Nurfauzi, R. (2024). Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah & Khalafi/Modern. Idaroqatuna: Journal of Islamic Education Management, 1(2). https://ejournal.stitqurrotaayun.ac.id/index.php/idaroqatuna

Fathurrohman, M. (2020). Psikologi Pendidikan Islam: Niat dan Keberkahan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jurnal Tarbawi, 15(1), 45–60.

Fatmawati, D., & Rifa’i, A. (2021). Kurikulum Pesantren Ideal di Era Digital. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3111

Hidayat, R., & Amalia, R. (2021). From Transactional to Transformational: Developing Prophetic Leadership through the 'Uswah Hasanah' Model in Pesantren. Contemporary Islamic Education Journal, 4(1), 88–103.

Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129

Kasmar, I. F., Amnda, V., Mutathahirin, M., Maulida, A., Sari, W. W., Kaputra, S., Anwar, F., Taufan, M., & Engkizar, E. (2019). The Concepts of Mudarris, Mu’allim, Murabbi, Mursyid, Muaddib in Islamic Education. Khalifa: Journal of Islamic Education, 3(2), 107. https://doi.org/10.24036/kjie.v3i2.26

Munir, M., & Su’ada, I. Z. (2024). Manajemen pendidikan Islam di era digital: Transformasi dan tantangan implementasi teknologi pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 5(1), 1–13.

Mutya, D. (2020). Pengertian, Fungsi, dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal UNP, 18029105, 1–3. https://osf.io/preprints/inarxiv/8v2bq

Nst, F. N., Aprilinda, D., & Budiman, A. P. (2021, Agustus). Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2.

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Diaying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4 (01), 102.

Rahman, A., Ruswandi, U., & Alam, I. P. (2025). Strategi Pendidikan Islam dalam Merespon Globalisasi Pendidikan: Studi Empiris pada SMK Plus Al Hasanah Tasikmalaya. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 22(1).

Saputra, D. E., & Sirozi, M. (2025). Strategi Penguatan Daya Saing Pesantren di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 85–99.

Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & ... (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intelligences di Pondok Pesantren. Manajemen Pendidikan . http://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/143

Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61

Widodo, W. (2021). Manajemen Kurikulum Integrasi di Madrasah Tsnawiyah Negeri 2 Kota Malang. Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. https://www.academia.edu/download/96942415/478847044.pdf

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Di Era Digital: Studi Kasus Pengelolaan Kurikulum Pondok Pesantren Imam Asy Syafi’i (PPIA) Banyuwangi. (2025). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 167-175. https://doi.org/10.30599/sfhgek07