Urgensi Manajemen Perencanaan dalam Menetapkan Kurikulum Pendidikan yang Ideal

Authors

  • Linda Dea Atlis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Syarif Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yuhasnita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mudasir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3592

Keywords:

Manajemen Perencanaan, Kurikulum, Pendidikan

Abstract

Artikel ini membahas mengenai urgensi manajemen perencanaan dalam menetapkan kurikulum pendidikan yang ideal. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui segala hal tentang pentingnya manajemen perencanaan pada saat menetapkan kurikulum pendidikan. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini merupakan metode kepustakaan, yaitu dengan teknik pengumpulan data secara kepustakaan yang berasal dari buku, artikel jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian pada artikel urgensi manajemen perencanaan dalam menetapkan kurikulum pendidikan yang ideal adalah bahwa dalam menetapkan kurikulum, manajemen perencanaan merupakan bagian penting yang harus diperhatikan dan dilaksanakan. Hal ini dikarenakan dengan mempersiapkan perencanaan kurikulum maka akan menggabungkan konsep-konsep utama, keterampilan, dan pengetahuan yang dibutuhkan siswa untuk unggul dengan strategi pengajaran, sumber daya, dan penilaian yang tepat untuk meningkatkan pembelajaran mereka. Selain itu, Kurikulum yang direncanakan dengan baik maka akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang mendorong pertumbuhan akademis bagi peserta didik.

References

Arifin, Z. (2015). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Baderiah. (2018). Pengembangan Kurikulum. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Sage Publication Ltd.

Fauzan. (2017). Kurikulum Pendidikan. GP Press.

Hamalik, O. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Literasi Nusantara.

Handayaningrat, S. (1988). Administrasi Pemerintahan dalam Pembangunan. Haji Mas Agung.

Hartanto, R. S., & Dani, H. (2020). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software AutoCAD. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1).

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Kunandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi KTP dan Sukses Sertifikasi. Rajawali Press.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai pengembangan tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.

Marlina, Qomarudin, M., Hasan, S., Tasdiq, & Yovil. (2024). Persepsi Guru dan Adaptasi Terhadap Perubahan Kurikulum. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 121–126.

Milya, S., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1).

Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Ninoersy, T., Za, T., & Wathan, N. (2019). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 Pada SMAN 1 Aceh Barat. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 05(1), 94.

Nizamuddin Silmi, Bambang Kurniawan, & Muhamad Subhan. (2024). Perencanaan Dalam Ilmu Pengantar Manajemen. Journal of Student Research, 2(1), 106–120. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.1899

Oktavera, H., Sutiah, Ritonga, A. W., Ernawati, & Pratiwi, B. D. (2023). Analisis Manajemen Perencanaan Kurikulum dalam Menghasilkan Kualifikasi Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 4(1), 159–176. https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v4i1.3938

Qomarudin, M. (2019). Model Pengembangan Kurikulum PAI Multikultural. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 98–101. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.647

Rodiatul Maghfiroh, V., Anwar, M., Miftahul Huda, & Yasmar, R. (2023). Model Pendidikan Multikultural (Telaah Hidden Curiculum di Pondok Buntet Pesantren Cirebon). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 25–31. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2118

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.

Siagian, S. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Syafaruddin, & Amiruddin. (2017). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing.

Zaini, M. (2020). Manajemen Kurikulum Terintragasi Kajian di Pesantren dan Madrasah. Griya Larasati.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Urgensi Manajemen Perencanaan dalam Menetapkan Kurikulum Pendidikan yang Ideal. (2024). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 160-166. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3592