Fun Science: Roket Air Sebagai Media Edu-Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Pina Pitriana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rena Denya Agustina Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizki Zakwandi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ijharudin Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dede Trie Kurniawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.143

Keywords:

Water rocket, educational game, learning media, PAKEM learning

Abstract

Learning science is considered to be difficult and complicated for most students since it requires high reasoning and imagination. This study aims to increase the motivation of students in Primary School to learn science using water rockets interspersed with game. The results of the research show that there is an increase in learning motivation of learners in Lesson Subject. The design of training and games connected with PAKEM shows a positive and intensive response for students. The results showed that more than 90% of the learners provide a positive response to learning.  In addition, students’ motivation and learning activities were improved during the learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarsiman, S. (2012). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metoda eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(1), 51-59.

Barjah, N. N., Sambas, A., & WS, M. S. (2012). Rancang bangun alat eksperimen roket air dari barang bekas sebagai media pembelajaran mekanika. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXV HFI Jateng & DIY (pp. 186-189). Purwokerto: Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Chusni, M. M., Zakwandi, R., Aulia, M. R., Nurfauzan, M. F., Alawiyah, T. A., & Ariandini, S. (2017). Pelatihan Rancang Bangun Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah. Tarbiyatuna, 94-103.

Haryani, F. F., Amaliah, R., Fitrasari, D., & Viridi, S. (2016). Konsep fisika dalam gerak permainan roket air. Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 245-254). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Irawati, I. (2016). Lomba Roket Air: Penerapan pembelajaran fisika berbasis proyek. Seminar Nasional Fisika. 5, pp. 29-34. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Maleso, A., Syamsuddin, & Satosa, P. B. (2017). Penggunaan media gamba dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf sederhana siswa kelas III SDN Inpres Labangun Kecamatan Buko Selatan. Jurnal Kreatif Taduloka Online, 5(10), 65-77.

Marscella, F. A. (2017). Pengembangan alat peraga fisika sederhana berupa termoskop untuk pembelajaran materi termodinamika. Lampung: UIN Raden Intan.

Park, H. (2012, March). Relationship between Motivation and Student's Activity om Educational Game. International Journal of Grid and Distributed Computating, 5(1), 101-113.

Park, H. (2012). Relationship between Motivation and Student's Activity on Educational Game. International Journal of Grid and Distributed Computing, 101-114.

Sunarti, Jamhari, M., & Lilies. (2017). Meningkatkan hasil belajar sains dengan menggunakan media gambar untuk kelas IV di SDN Gallange Desa Lempe KecDampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Jurnal Kreatif Taduloka Online, 5(10), 118-132.

Widiyatmoko, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran sains Fisika dengan pendekatan Physics-Edutaiment berbantuan CD Interaktif. Jurnal PrimeEdu, 1(1), 51-59.

Wiyono, K. (2009). Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Relativitas Khusus untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Generik Sains Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21-30.

Yien, J.-M., Hung, C.-M., Hwang, G.-J., & Lin, Y.-C. (2011). A game-based learning approach to improving students' learning achievements in a nutrition course. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2), 1-10.

Downloads

Published

2018-05-07

How to Cite

Pitriana, P., Agustina, R. D., Zakwandi, R., Ijharudin, M., & Kurniawan, D. T. (2018). Fun Science: Roket Air Sebagai Media Edu-Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.143
Abstract Views: 3555 | File Views: 3462

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.