Sejarah dan Filsafat Sains Sebagai Pendekatan dalam Pengajaran Fisika pada Konsep Archimedes

Authors

  • Arini Rosa Sinensis Prodi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i1.120

Keywords:

Sejarah fisika, Filsafat sains, Pengajaran Fisika

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi hubungan antara Sejarah dan Filsafat sains dalam menjelaskan konsep hukum archimedes dalam pengajaran fisika. Melalui pengajaran sejarah fisika seorang pendidik dapat memberikan informasi bagaimana suatu konsep fisika ditemukan, melalui sejarah fisika juga dapat menjadi pembelajaran untuk menjadi ilmuan, karena pengetahuan berdasarkan pengalaman ilmuan fisika. Sejarah fisika dan filsafat sains saling berkaitan yaitu filsafat dapat dipahami dengan sungguh-sungguh jika refleksi tentang sejarah ilmu pengetahuan telah dipahami sebelumya. Tinjauan filsafat sains berdasarkan pada ontologi, epistemologi dan aksiologi sebagai landasan pengembangan ilmu dalam pendidikan fisika dapat memberikan kontribusi yang positif dalam mengajarkan fisika. Selain itu dengan pemahaman filsafat sains dapat menumbuhkan interaksi sosial peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crouch, C. H., Fagen, A. P., Callan, J. P., & Mazur, E. (2004). Classroom demonstrations: Learning tools or entertainment? American Journal of Physics, 72(6), 835 – 838.

DeHaan, R. L. (2005). The impending revolution in undergraduate science education. Journal of Science Education and Technology, 14 (2), 253 – 269.

Endraswara, S. (2015). Filsafat Ilmu (Edisi Revisi). CAPS : Yogyakarta.

Hake, R. (2002). Lessons from the physics education reform effort. Conservation Ecology, 5(2), 28.

Hofer, B. K., & Pintrich, P. R. (1997). The development of epistemological theories: Beliefs about knowledge and knowing and their relation to learning. Review of educational research, 67(1), 88-140.

Lebe, E. (2015). Aliran Filsafat yang Mempengaruhi Konsep Fisika (Mekanika). Diakses melalui http://eduarduslebe.blogspot.co.id/

Matthews, M. R. (1994). Science teaching: The role of history and philosophy of science. Psychology Press.

Matthews, M. R. (1997). Philosophy and constructivism in science education (Special Issue).

Sin, C. (2013). Epistemology, Sociology, and Learning and Teaching in Physics. Science Education: Wiley Online Library.

Suriasumantri. S J. (2010). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Thacker, B.A. (2003). Recent advances in classroom physics. Reports on Progress in Physics, 66(10), 1833 – 1864.

Wattimena A, AR. (2009). Filsafat sains (Sebuah pengantar). Grasindo: Jakarta. Diakses melalui https://books.google.co.id/books.

Downloads

Published

2017-05-01

How to Cite

Sinensis, A. R. (2017). Sejarah dan Filsafat Sains Sebagai Pendekatan dalam Pengajaran Fisika pada Konsep Archimedes. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(1), 23–28. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i1.120
Abstract Views: 16421 | File Views: 13636