Edukasi Digital Marketing dalam Konsep Kewirausahaan pada Generasi Millenial
DOI:
https://doi.org/10.30599/y1765c23Keywords:
Generasi Millenial, Kewirausahaan, Pemasaran DigitalAbstract
Memahami karakteristik dan siklus pemasaran digital sangat krusial untuk menggunakan media pemasaran digital secara efektif, baik dari segi taktik maupun strategi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi mendalam tentang konsep kewirausahaan yang terintegrasi dengan digital marketing, serta berbagi pengalaman nyata mengenai penerapan digital marketing dalam konteks kewirausahaan. Melalui serangkaian sesi interaktif dan studi kasus praktis, hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keberanian peserta untuk memulai langkah wirausaha memanfaatkan digital marketing. Peserta didorong untuk mentransformasi ide menjadi tindakan nyata. Dampak yang terlihat adalah munculnya inisiatif berwirausaha yang dimulai "dari diri sendiri", memanfaatkan sumber daya yang ada dan keahlian personal. Peserta termotivasi untuk memulai "dari hal yang kecil" dengan proyek-proyek sederhana namun berpotensi, seperti berjualan produk rumahan secara online atau menawarkan jasa melalui media sosial. Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan, tetapi juga menumbuhkan mentalitas action-oriented yang esensial bagi generasi muda wirausaha.
Downloads
References
Artino, A, D. H. A. A. (2022). PKM Peningkatan Kemampuan Literasi Kewirausahaan pada Milenial di Rawamangun Jakarta Timur. Batasa: Bangun Cipta, Rasa, & Karsa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 92–97. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i3.1248
Artino, A., Hartono, D., & Anco, A. (2022). PKM PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI KEWIRAUSAHAAN PADA MILENIAL DI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(3), 92–97. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i3.1248
Diamond, S. (2020). The Visual Marketing Revolution. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Hannah Ritchie, Edouard Mathieu, Max Roser and Esteban Ortiz-Ospina (2023) - “Internet” Published online at OurWorldinData.org. Retrieved from: 'https://ourworldindata.org/internet' [Online Resource]
Hartono, D. (2022). Determinan Pembangunan Manusia Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Tengah. Sosio E-Kons, 14(2), 155–164.
Hartono, D., Anco, A., & Artino, A. (2022). PENGENALAN INVESTASI PASAR MODAL PADA MILENIAL DI RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(4), 115–118. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i4.1249
Hasibuan, M. S. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Heini, T. M., & Heikki, K. (2020). The usage of digital marketing channels in SMEs.Journal of Small Business and Enterprise Development, 635-636.
Juni, Z. H. (2019). Globalisasi: Respons Terhadap Krisis Ekonomi Global.Yogyakarta: Mida Pustaka.
Kemp, S. (2024). Digital 2024: Global Overview Report. https://datareportal.com/reports/digital-2024-global-overview-report
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (alih Bahasa Jaka Wasana). Jakarta:Airlangga.
Nicolino, P. F. (2022). The complete Ideal’s guides Brand Managemnt. Jakarta: Prenada.
Ritchie, H., Mathieu, E., Roser, M., & Esteban, O.-O. (2023). Internet. https://ourworldindata.org/internet#article-citation
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2019). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Santrock, J. (2022). Life-span development: perkembangan masa hidup edisi ketiga belas jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Solomon, G., Duffy, S., & Tarabishy, A. (2022). The State of Enterpreneurship Education in The United States: A Nationwide Survey and Analysis. International Journal of Enterpreneurship Education 1 (1), 1-22.
Suherman, E. (2018). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Wheeler, A. (2019). Designing brand identity. Edisi ke-3. Canada: Wiley.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Darwin Hartono, Endy Grade Tampubolon, Anco Anco

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.